• Sukseskan Pemilihan Serentak 2020 di 9 Provinsi 224 Kabupaten 37 Kota

Sosialisasi Hasil Pemilu Bersama PKL dan Abang Becak

Tanggal : 02 Nov 2019 17:00:00 • Penulis : admin • Dibaca : 3724 x

Purwokerto, kpu.go.id – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Banyumas melanjutkan program KPU Visit Rumah Pintar Pemilu (RPP), dengan mendatangi Komunitas Paseduluran Jalan Kampus (Perjaka), Sabtu (2/11/2019). Perjaka sendiri merupakan wadah bagi Pedagang Kaki Lima (PKL) dan Abang Becak Jalan Kampus, Grendeng, Purwokerto Utara. Jalan Kampus adalag jalan utama yang menghubungkan dua komplek Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed).

Bertempat di Gedung PKK Kelurahan Grendeng, Kecamatan Purwokerto Utara, kegiatan selain dihadiri Anggota KPU Kabupaten Banyumas, sejumlah anggota Perjaka serta lima anggota DPRD Kabupaten Banyumas dari Dapil 1 (empat kecamatan Eks-Kotip Purwokerto dan Patikraja).

Anggota KPU Kabupaten Banyumas Yasum Surya Mentari mengapresiasi kehadiran anggota DPRD pada kegiatan Visit RPP ini. Pria yang membidangi Parmas dan SDM tersebut mengatakan bahwa pemilih memerlukan informasi atas hasil partisipasi mereka pada 17 April yang lalu. “Siapa saja yang akhirnya terpilih dan apa yang dilakukan agar aspirasi mereka dapat disampaikan oleh wakil-wakil mereka di lembaga legislatif,” ujar Yasum.

Menurut Yasum, bagi anggota DPRD terpilih, kegiatan ini juga sangat baik karena mereka data berinteraksi dengan konstituen untuk mengenalkan diri sekaligus menjelaskan tugas, pokok dan fungsi DPRD. “Karena itu kami hadirkan para anggota (DPRD) yang terpilih dan sudah dilantik kemarin kepada panjenengan (hadirin) semua. Ini lho hasil kemarin kita mencoblos (menggunakan hak pilih) pada 17 April. Yang ada di depan kita semua adalah wakil-wakil kita,” lanjut Surya sembari mengenalkan satu per satu para anggota dewan yang hadir.

Hadi Nadu (45), salah seorang pengurus Perjaka, menyampaikan unek-unek komunitas PKL dan Abang Becak di Jalan Kampus. Dia dan para anggota yang lain mengeluhkan jika saat ini pekerjaan sebagai tukang becak tergusur oleh transportasi berbasis daring (online). Rekan-rekannya saat ini sudah banyak yang kehilangan mata pencaharian.

Berbeda dengan Karto (50) seorang pemilik lapak koran yang menyanyangkan kenaikan iuran BPJS Kesehatan yang menurutnya sangat memberatkan rakyat kecil seperti dirinya. Dia mengaku harus membayarkan 6 anggota keluarganya untuk mengikuti BPJS.

Mendengar masukan, keluhan langsung masyarakat, Anggota DPRD Banyumas dari Fraksi PDI Perjuangan Lulin Wisnu Prajoko (45), mengatakan jika semua usulan pembangunan dan program kesejahteraan masyarakat harus melalui mekanisme perencanaan. Sementara itu, Andik Pegiarto (57), Legislator Partai Golkar menyarankan agar Perjaka memiliki badan hukum agar memudahkan administrasi apabila nanti ada penyaluran bantuan dari pemerintah. Sedangkan Abidillah Efendi (50) Anggota DPRD dari Partai Amanat Nasional, memotivasi para anggota Perjaka untuk semangat dalam mencari rezeki dan mengingatkan jika Tuhan memberikan rezeki kepada seluruh makhlukNya, sepanjang memiliki kemauan untuk berusaha.

Andrias Kartikosari (42) memberikan jawaban bahwa untuk biaya pendidikan setingkat SMA, bukan lagi kewenangan pemerintah kabupaten, tapi saat ini sepenuhnya di bawah Dinas Pendidikan Provinsi. Sedangkan legislator dari Partai Keadilan Sejahtera, Atik Luthfiyah (49), menyampaikan terkait tugas, pokok dan fungsi Alat Kelengkapan DPRD. Legislator perempuan ini menyampaikan bahwa dirinya saat ini duduk di Komisi 4, yang bermitra dengan dinas/badan yang terkait dengan kesejahteraan rakyat. (spa/ed diR)


Post Terkait

Statistik Pengunjung
Link KPU Daerah
KIP Aceh
http://kip.acehprov.go.id/
KPU Provinsi Sumatera Utara
http://kpud-sumutprov.go.id/
KPU Provinsi Sumatra Barat
http://sumbar.kpu.go.id
KPU Provinsi Riau
http://riau.kpu.go.id/
KPU Provinsi Sumatera Selatan
http://sumsel.kpu.go.id/
KPU Provinsi Lampung
http://lampung.kpu.go.id
KPU Provinsi Kep. Babel
http://kpu-babelprov.go.id/
KPU Provinsi Kepri
http://kepri.kpu.go.id/
KPU DKI Jakarta
http://kpujakarta.go.id
KPU Provinsi Jawa Barat
http://jabar.kpu.go.id/
KPU Provinsi Jawa Tengah
http://jateng.kpu.go.id/
KPU Provinsi Jawa Timur
http://kpujatim.go.id/
KPU Provinsi Banten
http://kpu-bantenprov.go.id/
KPU Provinsi Bali
http://bali.kpu.go.id/
KPU Provinsi NTB
http://kpud-ntbprov.go.id/
KPU Provinsi NTT
http://ntt.kpu.go.id/
KPU Provinsi Kalbar
http://kalbar.kpu.go.id
KPU Provinsi Kalteng
http://kpu-kaltengprov.go.id/
KPU Provinsi Kalsel
http://kalsel.kpu.go.id/
KPU Provinsi Kaltim
http://kaltim.kpu.go.id/
KPU Provinsi Sulawesi Tenggara
http://sultra.kpu.go.id/
KPU Provinsi Sulawesi Tengah
http://sulteng.kpu.go.id/
KPU Provinsi Sulawesi Selatan
http://sulsel.kpu.go.id/
KPU Provinsi Sulawesi Utara
http://www.kpu-sulutprov.go.id/
KPU Provinsi Gorontalo
http://gorontalo.kpu.go.id/
KPU Provinsi Sulawesi Barat
http://kpu-sulbarprov.go.id/
KPU Provinsi Maluku
http://kpu-malukuprov.go.id/
KPU Provinsi Maluku Utara
http://malut.kpu.go.id/
KPU DIY
http://diy.kpu.go.id/
KPU Provinsi Bengkulu
http://bengkulu.kpu.go.id
KPU Provinsi Jambi
http://kpud-jambiprov.go.id/
KPU Provinsi Papua Barat
http://kpu-papuabaratprov.go.id/
KPU Provinsi Papua
http://kpu-papuaprov.go.id/
KPU Provinsi Kalimantan Utara
http://kaltara.kpu.go.id/

Selengkapnya...