• Sukseskan Pemilihan Serentak 2020 di 9 Provinsi 224 Kabupaten 37 Kota

Apresiasi Fasilitasi APK Pemilu 2019 di Bengkulu

Tanggal : 27 Jul 2019 17:17:00 • Penulis : admin • Dibaca : 5072 x

Bengkulu, kpu.go.id - Tahapan Perselisihan Hasil Pemilihan Umum (Pemilu) 2019 mendekati akhir. Hari pemungutan suara telah berlalu, begitu pula dengan kesemarakan kampanye. Komisi Pemilihan Umum (KPU) pun disejumlah daerah tengah menggelar Rapat Evaluasi atas kerja-kerja yang telah dilakukan.

Khusus untuk tahapan kampanye, evaluasi salah satunya digelar di Bengkulu pada Sabtu (27/7/2019). rapat ini turut mengundang Bawaslu, Biro Pemerintahan, Polda, Satpol PP, Kesbangpol, KPID, KIP, Kejati, Rektor PTUN/PTS, Ombudsman, Anggota KPU Kabupaten/Kota Divisi Sosialisasi dan Parmas, Remaja Sahabat KPU, Relawan Demokrasi, dan Media Cetak maupun Elektronik serta Tim Supervisi KPU RI.

Saat membuka acara, Ketua KPU Provinsi Bengkulu Irwan Saputra membenarkan bahwa kegiatan ini ditujukan untuk menilai sejauh mana keberhasilan pelaksanaan kampanye dan menampung masukan serta penilaian dari para stakeholder kepemiluan. “Agar pada pemilu yang akan datang menjadi bahan evaluasi dan perbaikan kita untuk menjadi lebih baik,” ujar Irwan.

Irwan juga berharap dengan adanya evaluasi ini KPU selaku penyelenggara dapat berbenah, memberikan pelayanan yang lebih baik lagi, tidak hanya kepada para peserta pemilu tapi juga masyarakat selaku pemilih.

Sementara itu pada sesi diskusi, empat narasumber yakni Komisioner KPU Provinsi Bengkulu Darlinsyah, Anggota Bawaslu Provinsi Bengkulu Halid Saifullah, Ketua KPID Provinsi Bengkulu Ratimnuh serta Kepala Biro Pemerintahan Provinsi Bengkulu Edi Junaidi menyampaikan beragam hal terkait pelaksanaan kampanye.

Seperti Darlinsyah yang menceritakan pengalaman KPU selama memfasilitasi Alat Peraga Kampanye (APK). Hal yang diceritakan seperti menyiapkan iklan kampanye, berkoordinasi dengan pemerintah daerah dalam menentukan lokasi atau titik pemasangan APK hingga lokasi kampanye rapat umum.

Halid Saifullah menyampaikan penanganan dugaan pelanggaran kampanye peserta pemilu yang pada Pemilu 2019 kali ini disebutnya banyak terjadi namun kesiapan Bawaslu dalam berkoordinasi, klarifikasi dan memberikan tindakan atas pelanggaran cukup efektif bagi para pelanggar.

Adapun Ratimnuh hadir dengan pembahasan penanganan dugaan pelanggaran kampanye di media elektronik (TV dan Radio) yang sejauh ini tidak ada media yang melakukan pelanggaran berat. Meski demikian KPID meminta klarifikasi atas dugaan pelanggaran yang dilakukan oleh media tersebut.  Yang terakhir Edi Junaidi menegaskan komitmen pemerintah daerah untuk terus mendukung KPU Provinsi Bengkulu dalam hal APK.

Sementara itu, Tim Supervisi KPU RI Robi Leo Agust mengapresiasi kegiatan yang dilaksanakan oleh KPU Provinsi Bengkulu. “Patut kita apresiasi untuk Provinsi Bengkulu, karena kami memantau dari kegiatan pelaksanaan evaluasi fasilitasi kampanye hari ini adalah terlihat sangat kreatif dibandingkan dengan provinsi lainnya dan tidak ada permasalahan yang berarti. Kami berharap mudah-mudahan pelaksanaan Pemilihan 2020 di Provinsi Bengkulu dapat berjalan dengan baik,” pungkasnya (R/ed diR)


Post Terkait

Statistik Pengunjung
Link KPU Daerah
KIP Aceh
http://kip.acehprov.go.id/
KPU Provinsi Sumatera Utara
http://kpud-sumutprov.go.id/
KPU Provinsi Sumatra Barat
http://sumbar.kpu.go.id
KPU Provinsi Riau
http://riau.kpu.go.id/
KPU Provinsi Sumatera Selatan
http://sumsel.kpu.go.id/
KPU Provinsi Lampung
http://lampung.kpu.go.id
KPU Provinsi Kep. Babel
http://kpu-babelprov.go.id/
KPU Provinsi Kepri
http://kepri.kpu.go.id/
KPU DKI Jakarta
http://kpujakarta.go.id
KPU Provinsi Jawa Barat
http://jabar.kpu.go.id/
KPU Provinsi Jawa Tengah
http://jateng.kpu.go.id/
KPU Provinsi Jawa Timur
http://kpujatim.go.id/
KPU Provinsi Banten
http://kpu-bantenprov.go.id/
KPU Provinsi Bali
http://bali.kpu.go.id/
KPU Provinsi NTB
http://kpud-ntbprov.go.id/
KPU Provinsi NTT
http://ntt.kpu.go.id/
KPU Provinsi Kalbar
http://kalbar.kpu.go.id
KPU Provinsi Kalteng
http://kpu-kaltengprov.go.id/
KPU Provinsi Kalsel
http://kalsel.kpu.go.id/
KPU Provinsi Kaltim
http://kaltim.kpu.go.id/
KPU Provinsi Sulawesi Tenggara
http://sultra.kpu.go.id/
KPU Provinsi Sulawesi Tengah
http://sulteng.kpu.go.id/
KPU Provinsi Sulawesi Selatan
http://sulsel.kpu.go.id/
KPU Provinsi Sulawesi Utara
http://www.kpu-sulutprov.go.id/
KPU Provinsi Gorontalo
http://gorontalo.kpu.go.id/
KPU Provinsi Sulawesi Barat
http://kpu-sulbarprov.go.id/
KPU Provinsi Maluku
http://kpu-malukuprov.go.id/
KPU Provinsi Maluku Utara
http://malut.kpu.go.id/
KPU DIY
http://diy.kpu.go.id/
KPU Provinsi Bengkulu
http://bengkulu.kpu.go.id
KPU Provinsi Jambi
http://kpud-jambiprov.go.id/
KPU Provinsi Papua Barat
http://kpu-papuabaratprov.go.id/
KPU Provinsi Papua
http://kpu-papuaprov.go.id/
KPU Provinsi Kalimantan Utara
http://kaltara.kpu.go.id/

Selengkapnya...