• Terima kasih kepada seluruh masyarakat Indonesia atas partisipasinya dalam Pemilihan Serentak 2020


Catatan di Penghujung Tahun 2020

Tanggal : 28 Dec 2020 22:05:07 • Penulis : admin • Dibaca : 37859 x

oleh: Lita Rosita

Anggota KPU Lebak Divisi Teknis Penyelenggaraan

Tak terasa waktu begitu cepat berlalu hari demi hari, bulan ke bulan, hingga sampailah di penghujung tahun. Bagi setiap individu, lembaga, institusi, atau sebutan lain, sudah tentu mempunyai catatan yang terangkum selama setahun. Rangkuman yang sangat menohok hadir sejak memasuki beberapa bulan di tahun 2020, yakni kehadiran virus corona.

Hadirnya virus tersebut, menjadi fenomena nonalam yang sangat menyita perhatian seluruh masyarakat dunia, dan jagat raya pun dihebohkan dengan adanya Corona Virus Disease-19 (Covid-19).  Semua negara bersama warganya berperang melawan virus tersebut, yaitu makhluk yang tak kasat mata dengan dampak sangat luar biasa. Kejadian ini tentunya membuka mata manusia untuk mengambil sikap, langkah dan pencegahannya. Maka, mulailah dilakukan berbagai cara dalam mengantisipasi dampak, bahkan berupaya memutus mata rantai penularan.

Sejak direktur jenderal WHO, Dr Tedros Adhanom Ghebreyesus di Markas Besar Jenewa-Swiss mengumumkan bahwa Covid-19 telah menjadi pandemi, dan pemerintah Indonesia pun mengambil langkah sebagai upaya pencegahan di berbagai lini.

Terkait keadaan pandemi ini, pemerintah Indonesia telah membentuk satuan gugus tugas percepatan penanganan Covid-19, melalui Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 7 Tahun 2020. Gugus tugas dibuat karena telah terjadi keadaan tertentu dengan adanya penularan Covid-19 di Indonesia yang perlu diantisipasi dampaknya. Dalam rangka percepatan penanganan Covid-19, diperlukan langkah-langkah cepat, tepat, fokus terpadu dan sinergis antara kementerian/lembaga dan pemerintah daerah.

Selain pemerintah, begitu besar pula perhatian publik pada masalah ini. Banyak organisasi, pribadi, perusahaaan BUMN dan swasta, juga lembaga swadaya masyarakat, ikut serta berperan dalam bentuk donasi kepada masyarakat yang merupakan tanggung jawab sosial dan kepedulian untuk jutaan umat manusia di negeri tercinta ini.

Dampak Terhadap Pemilihan

Diawal merebak Covid-19 tentunya ada saja yang meremehkan keberadaan virus tersebut. Seolah tak percaya atas keganasan covid-19 yang sudah memporakporandakan sendi kehidupan manusia. Waktu berselang, sangat luar biasa wabah ini menghancurkan tatanan kehidupan. Bagaimana tidak percaya dengan kejadian ini, jutaan orang meninggal terkena dampaknya. Dengan demikian, KPU selaku institusi yang bertugas menyelenggarakan pemilihan secara serentak di tahun 2020 mengambil langkah atas kesepakatan beberapa pihak (DPR, pemerintah, Bawaslu) untuk menunda waktu pemilihan kepala daerah semula tanggal 23 September 2020.

Pada tahapan pemilihan kepala daerah serentak tahun 2020 yang sudah berjalan terpaksa dihentikan karena Covid-19. Sementara itu, terkait pemilihan 2020 dikeluarkan SE No 8 Tentang Pelaksanaan Keputusan KPU Nomor 179/PL.02-Kpt/01/KPU/III/202 Tentang Penundaan Tahapan Pemilihan Gubernur Dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, dan/atau Walikota dan Wakil Walikota Tahun 2020 Dalam Upaya Pencegahan Penyebaran Covid-19.

Meski sempat tertunda beberapa tahapan pada pelaksanaan pemilihan kepala daerah tahun 2020 karena Covid-19, namun perubahan/aturan baru pun dikeluarkan melaui Peraturan pemerintah (Perpu) Nomor 2 Tahun 2020 Tentang Perubahan Ketiga Atas Undang-undang Nomor 1 Tahun 2015 Tentang Penetapan Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-undang Nomor 1 Tahun 2014 Tentang Pemilihan Gubernur, Bupati, dan Walikota Menjadi Undang-undang. Seperti yang teruang pada pasal 120 ayat (2) bahwa pelaksanaan pemilihan lanjutan atau pemilihan serentak lanjutan dimulai dari tahapan penyelenggaraan pemilihan atau pemilihan serentak yang terhenti.

Tentunya, kelanjutan dari tahapan tersebut dilakukan setelah ada persetujuan lintas institusi di antaranya Komisi Pemilihan Umum (KPU), pemerintah, dan Dewan Perwakilan Rakyat. Begitu juga dengan langkah selanjutnya terkait tata cara dan waktu pelaksanaan di atur dalam Peraturan Komisi pemilihan Umum (PKPU).

Pemilihan kepala daerah serentak di tahun 2020, sudah dilaksanakan pada tanggal 9 Desember 2020 dalam kondisi pandemi. Tentunya hal ini menjadi sejarah pada kepemiluan di Indonesia. Para pemimpin daerah untuk 9 provinsi, 224 kabupaten, dan 37 kota, telah lahir atas pilihan masyarakat, baik yang diusung oleh partai politik maupun melalui jalur perseorangan. Dengan segala keterbatasan, KPU di semua tingkatan dapat melaksankan tugasnya sebagai penyelenggara pemilihan. Meski terdapat banyak catatan, namun tentu saja akan dijadikan bahan perbaikan pada pemilihan yang akan datang.

Merajut Harapan

Covid-19 adalah nyata, sejak kemunculannya hingga saat sekarang benar adanya.  Manusia sebagai mahluk berakal, tentu mempunyai kesadaraan yang tinggi atas himbauan pemerintah baik pusat dan daerah dalam memeranginya. Covid-19 merupakan musuh bersama, harus dilawan secara bersama pula. Langkah pemerintah Indonesia dalam memerangi Covid-19 hendaknya didukung oleh seluruh lapisan masyarakat dan semua pihak. Sebagai upaya mengurangi potensi penyebaran Corona Virus Disease-19 (Covid-19), maka diwajibkan menaati protokol kesehatan seperti iklan yang sering disiarkan diberbagai media tentang ‘Ingat Pesan Ibu’ dengan 3 M, yakni: Memakai masker, Mencuci tangan, Menjaga jarak. Begitu pula menghindari kerumunan, karena sangat potensial untuk penyebaran dan penularan Covid-19.

Perlu diingat dan menjadi catatan semua insan, bahwa sampai saat ini keberadaan virus belum dinyatakan berakhir. Indonesia merupakan bangsa yang besar dan berkekuatan besar pula, sejatinya bergandengan tangan dengan seluruh lapisan untuk memerangi Covid-19 demi menyelamatkan nyawa manusia. Seraya berdo’a, semoga Allah SWT segera mengakhiri petualangan Covid-19.

Selamat Tahun Baru 2021, Semoga Covid-19 segera berlalu. 


Post Terkait

  • Cara Tepat KPU Mahulu Tingkatkan Partisipasi Pemilih di Pemilihan 2020
    Tanggal : 2021-03-02 03:00:00

    Pemilihan Kepala Daerah merupakan sarana perwujudan demokrasi langsung di tingkat daerah. Masyarakat memiliki kesempatan secara langsung untuk memilih pemimpin di daerahnya ...Selengkapnya...


  • Kepala Daerah Terpilih
    Tanggal : 2021-03-01 21:00:00

    Kemenangan dalam suatu pemilihan diatur berdasarkan UU Republik Indonesia No 10 Tahun 2016 Tentang Perubahan Kedua Atas Undang-Undang Nomor 1 Tahun 2015 Tentang Penetapan Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-undang Nomor 1 Tahun 2014 ...Selengkapnya...


  • Data Akurat untuk Indonesia Sehat
    Tanggal : 2021-02-09 20:00:00

    Meskipun pelaksanaan Pemilihan Serentak telah usai, namun kisah tentang lika-liku selama pelaksanaan tahapan masih menarik untuk diperbincangkan ...Selengkapnya...


  • Kilas Balik Pemilihan 2020
    Tanggal : 2021-01-29 21:02:05

    UUD 1945 Pasal 22E Ayat 5 menjelaskan, “Pemilihan Umum diselenggarakan oleh suatu komisi pemilihan umum yang bersifat nasional, tetap dan mandiri.” Oleh karena itu, penyelenggara pemilihan umum haruslah suatu komisi yang bersifat: nasional, tetap, mandiri/independen. ...Selengkapnya...


  • Mekanisme PAW Anggota Dewan
    Tanggal : 2021-01-23 14:04:54

    Penggantian Antarwaktu (PAW), adalah mekanisme ketika ada salah seorang anggota DPRD, bupati dan wakil bupati, gubernur dan wakil gubernur berhalangan tetap dalam perjalanan kepemimpinannya. ...Selengkapnya...


Statistik Pengunjung
Link KPU Daerah
KIP Aceh
http://kip.acehprov.go.id/
KPU Provinsi Sumatera Utara
http://kpud-sumutprov.go.id/
KPU Provinsi Sumatra Barat
http://sumbar.kpu.go.id
KPU Provinsi Riau
http://riau.kpu.go.id/
KPU Provinsi Sumatera Selatan
http://sumsel.kpu.go.id/
KPU Provinsi Lampung
http://lampung.kpu.go.id
KPU Provinsi Kep. Babel
http://kpu-babelprov.go.id/
KPU Provinsi Kepri
http://kepri.kpu.go.id/
KPU DKI Jakarta
http://kpujakarta.go.id
KPU Provinsi Jawa Barat
http://jabar.kpu.go.id/
KPU Provinsi Jawa Tengah
http://jateng.kpu.go.id/
KPU Provinsi Jawa Timur
http://kpujatim.go.id/
KPU Provinsi Banten
http://kpu-bantenprov.go.id/
KPU Provinsi Bali
http://bali.kpu.go.id/
KPU Provinsi NTB
http://kpud-ntbprov.go.id/
KPU Provinsi NTT
http://ntt.kpu.go.id/
KPU Provinsi Kalbar
http://kalbar.kpu.go.id
KPU Provinsi Kalteng
http://kpu-kaltengprov.go.id/
KPU Provinsi Kalsel
http://kalsel.kpu.go.id/
KPU Provinsi Kaltim
http://kaltim.kpu.go.id/
KPU Provinsi Sulawesi Tenggara
http://sultra.kpu.go.id/
KPU Provinsi Sulawesi Tengah
http://sulteng.kpu.go.id/
KPU Provinsi Sulawesi Selatan
http://sulsel.kpu.go.id/
KPU Provinsi Sulawesi Utara
http://www.kpu-sulutprov.go.id/
KPU Provinsi Gorontalo
http://gorontalo.kpu.go.id/
KPU Provinsi Sulawesi Barat
http://kpu-sulbarprov.go.id/
KPU Provinsi Maluku
http://kpu-malukuprov.go.id/
KPU Provinsi Maluku Utara
http://malut.kpu.go.id/
KPU DIY
http://diy.kpu.go.id/
KPU Provinsi Bengkulu
http://bengkulu.kpu.go.id
KPU Provinsi Jambi
http://jambi.kpu.go.id/
KPU Provinsi Papua Barat
http://kpu-papuabaratprov.go.id/
KPU Provinsi Papua
http://kpu-papuaprov.go.id/
KPU Provinsi Kalimantan Utara
http://kaltara.kpu.go.id/

Selengkapnya...