• Sukseskan Pemilihan Serentak 2020 di 9 Provinsi 224 Kabupaten 37 Kota

Jaga Semangat Generasi Muda Berpartisipasi di Pemilu

Tanggal : 06 Nov 2019 09:00:00 • Penulis : admin • Dibaca : 264 x

Surabaya, kpu.go.id - Pemilu 2019 telah usai, beragam capaian positif telah diraih namun upaya untuk menjaga prestasi yang diperoleh harus berlanjut terutama untuk pemilu berikutnya di 2024. 

Dan kesuksesan Pemilu 2024 nanti menurut Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI Arief Budiman tidak lepas dari generasi muda yang ada saat ini. Mereka yang belum dan telah berpartisipasi di Pemilu 2019 menurut dia akan lebih berperan strategis dalam menentukan sukses tidaknya proses demokrasi di Tanah Air. "Oleh karena itu semua stakeholder (pemangku kepentingan) harus membuat generasi muda tertarik perhatian tentang kepemiluan. Kalau mereka tertarik maka ada harapan positif Pemilu 2024. Karena generasi muda kita jumlahnya hampir 70 juta orang, itu akan memengaruhi generasi yang lain kalau (mereka) tidak ikut pemilu," ujar Arief saat hadir sebagai narasumber Seminar Nasional Kepemiluan 2019 di Universitas Airlangga, Surabaya, Rabu (6/11/2019). 

Untuk menjaga semangat generasi muda berpartisipasi dalam proses demokrasi, KPU sendiri menurut Arief menyesuaikan kerja-kerja kepemiluan dengan hal-hal yang berkaitan erat dengan generasi muda. Seperti pemanfaatan teknologi informasi, dimana generasi muda identik dengan teknologi yang memudahkan, cepat dan akurat sehingga sangat terbantu ketika KPU hadir dengan Sidalih, Silon, Situng dan lainnya. "Jadi tidak harus ke kantor KPU sekarang, dimanapun, dijalan semua tentang pemilu ada disitu. Mengecek (nanti) memilih di TPS mana ada disitu, pemenang di TPS siapa ada disitu," ucap Arief. 

Diakhir paparan Arief juga menekankan pentingnya peran penyelenggara menjaga kepercayaan masyarakat. Sejauh Pemilu 2019 berjalan, kerja penyelenggara menurut pria asal Jawa Timur cukup baik. Hal ini terbukti dengan minimnya sengketa di Mahkamah Konstitusi atau dilaporkan ke Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP). 

Sementara itu narasumber lainnya, Wakil Ketua KPU 2001-2007 Ramlan Surbakti banyak menjelaskan tentang anggaran pemilu yang menurut dia sangat luas jika dimaknai sebagai apa saja yang dikeluarkan untuk kebutuhan kepemiluan. "Ada biaya pemilu juga tapi tidak masuk anggaran pemilu, seperti anggaran MK, mungkin juga yang dikeluarkan Kemendagri, juga pengadilan tata usaha negara, MA, lebih luas lagi itu disebut election post," ucap Ramlan.

Anggaran yang tidak sedikit menurut Ramlan juga harus mampu menghasilkan pemilu yang berkualitas tidak hanya hasilnya tapi juga pelaku-pelakunya.  

Dikesempatan lain pria yang juga Guru Besar Unair tersebut juga menjelaskan terkait peran partai politik di Indonesia saat ini. Serta harapannya untuk pemilu berikutnya. 

Sementara itu dosen antropologi Unair, Pinky Saptandari banyak membahas tentang tantangan dan peluang generasi muda. Mereka yang disebut sebagai penyumbang peningkatan partisipasi pemilih di Pemilu 2019 lalu harus juga meningkatkan kapasitasnya di pemilu selanjutnya. (hupmas kpu ri dianR/foto: james/ed diR)


Post Terkait

Statistik Pengunjung
Link KPU Daerah
KIP Aceh
http://kip.acehprov.go.id/
KPU Provinsi Sumatera Utara
http://kpud-sumutprov.go.id/
KPU Provinsi Sumatra Barat
http://sumbar.kpu.go.id
KPU Provinsi Riau
http://riau.kpu.go.id/
KPU Provinsi Sumatera Selatan
http://sumsel.kpu.go.id/
KPU Provinsi Lampung
http://lampung.kpu.go.id
KPU Provinsi Kep. Babel
http://kpu-babelprov.go.id/
KPU Provinsi Kepri
http://kepri.kpu.go.id/
KPU DKI Jakarta
http://kpujakarta.go.id
KPU Provinsi Jawa Barat
http://jabar.kpu.go.id/
KPU Provinsi Jawa Tengah
http://jateng.kpu.go.id/
KPU Provinsi Jawa Timur
http://kpujatim.go.id/
KPU Provinsi Banten
http://kpu-bantenprov.go.id/
KPU Provinsi Bali
http://bali.kpu.go.id/
KPU Provinsi NTB
http://kpud-ntbprov.go.id/
KPU Provinsi NTT
http://ntt.kpu.go.id/
KPU Provinsi Kalbar
http://kalbar.kpu.go.id
KPU Provinsi Kalteng
http://kpu-kaltengprov.go.id/
KPU Provinsi Kalsel
http://kalsel.kpu.go.id/
KPU Provinsi Kaltim
http://kaltim.kpu.go.id/
KPU Provinsi Sulawesi Tenggara
http://sultra.kpu.go.id/
KPU Provinsi Sulawesi Tengah
http://sulteng.kpu.go.id/
KPU Provinsi Sulawesi Selatan
http://sulsel.kpu.go.id/
KPU Provinsi Sulawesi Utara
http://www.kpu-sulutprov.go.id/
KPU Provinsi Gorontalo
http://gorontalo.kpu.go.id/
KPU Provinsi Sulawesi Barat
http://kpu-sulbarprov.go.id/
KPU Provinsi Maluku
http://kpu-malukuprov.go.id/
KPU Provinsi Maluku Utara
http://malut.kpu.go.id/
KPU DIY
http://diy.kpu.go.id/
KPU Provinsi Bengkulu
http://bengkulu.kpu.go.id
KPU Provinsi Jambi
http://kpud-jambiprov.go.id/
KPU Provinsi Papua Barat
http://kpu-papuabaratprov.go.id/
KPU Provinsi Papua
http://kpu-papuaprov.go.id/
KPU Provinsi Kalimantan Utara
http://kaltara.kpu.go.id/

Selengkapnya...