• Sukseskan Pemilihan Serentak 2020 di 9 Provinsi 224 Kabupaten 37 Kota

Evaluasi Teknis Pemilu Bahas Penataan Dapil Hingga Rekap

Tanggal : 05 Sep 2019 14:31:42 • Penulis : admin • Dibaca : 11459 x

Labuan Bajo, kpu.go.id - Kegiatan Evaluasi Teknis Penyelenggaraan Pemilu 2019 kembali berlanjut. Setidaknya ada tiga isu utama yang diurai dalam pendalaman kelas, yang terbagi untuk anggota, kabar, kasubag serta operator.
 
Tiga isu tersebut antara lain, evaluasi tahapan penataan dapil dan alokasi kursi; evaluasi tahapan pencalonan dan penetapan calon terpilih Pemilu 2019; dan evaluasi tahapan pemungutan dan penghitungan suara serta rekapitulasi penghitungan suara Pemilu 2019.
 
Memulai jalannya evaluasi pada isu dapil, Komisioner KPU RI, Evi Novida Ginting mengingatkan kepada Komisioner KPU Provinsi untuk selalu memerhatikan tujuh prinsip penyusunan dapil mulai dari kesetaraan nilai suara, ketaatan sistem pemilu proporsional, proporsionalitas, integralitas wilayah, berada dalam cakupan yang sama, kehesivitas, dan kesinambungan.
 
"Nah prinsip ini kan harusnya diterapkan saat penyusunan dapil. misalnya daerah kepulauan prinsip dapil ini terkait politik masing-masing antara konstituen dan wakil jadi ada hubungan. Jadi harus diperhatikan keterwakilan politiknya, minoritas dan sebagainya," ungkap Evi di Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur, Kamis (5/9/2019).
 
Sementara itu, terkait tahapan pencalonan, Komisioner KPU, Pramono Ubaid Tanthowi yang memimpin jalannya diskusi melantik dengan menyampaikan beberapa kendala mulai dari data ganda, pencocokan data calon, dan verifikasi syarat calon. "Penting juga untuk kita perhatikan bagaimana integrasi antara sistem Sidalih kemudian SIPPP dan seterusnya," ujar Pramono.
 
Saat pembahasan isu rekapitulasi Komisioner KPU, Ilham Saputra mengingatkan pentingnya mempedomani aturan tertulis dalam menjalkan proses rekapitulasi suara. "Pahami juga filosofi aturan KPU termasuk Surat Edaran," singkat Ilham.
 
Evaluasi Kelas Operator
Dalam kesempatan yang sama, Operator Sistem Informasi divisi Teknis Pemilu dari 34 Provinsi juga dikumpulkan. Dalam kelas yang dipandu langsung Kepala Bagian Teknis Pemilu, Sahruni Hasna Ramadhan dan Kepala Sub Bagian Pencalonan dan Penetapan Calon, Andi Bagus Makawaru itu operator menyampaikan kendala dan masukan yang dialami selama menggunakan tiga Sistem Informasi divisi teknis yaitu Sistem Informasi Daerah Pemilihan (Sidapil), Sistem Informasi Pencalonan (Silon), dan Sistem Informasi Penghitungan Suara (Situng).
 
Salah satu yang menjadi fokus pembahasan yakni user interface masing-masing aplikasi, diharapkan melalui masukan evaluasi ini aplikasi dapat semakin mengakomodir kebutuhan operator sehingga kualitas data yang dihasilkan akan terus meningkat. (Hupmas KPU RI Bil/foto: dianR/ed diR)

Post Terkait

  • Sekretaris KPU se-Indonesia Siap Sukseskan Pemilihan 2020
    Tanggal : 2019-09-22 19:00:00

    Hari kedua rangkaian kegiatan Konsolidasi Nasional Sekretaris KPU se-Indonesia di Hotel Mercury Jakarta, peserta yang merupakan para sekretaris KPU provinsi, kabupaten/kota selesai menyusun Daftar Inventarisasi Masalah (DIM) lengkap dengan rekomendasinya. ...Selengkapnya...


  • Refleksi Kinerja untuk Mendapatkan Sesuatu yang Baru
    Tanggal : 2019-09-22 11:35:00

    ...momentum Pemilihan Serentak 2020 sebagai penegasan kesuksesan yang telah ditorehkan pada Pemilu 2019 lalu. "Oleh karena itu kita semua berharap kinerja yang baik dari bapak/ibu semua semoga terjaga. Syukur dapat ditingkatkan di Pemilihan 2020," lanjut Wahyu. ...Selengkapnya...


  • Leader Harus Punya Wawasan Jauh ke Depan
    Tanggal : 2019-09-22 11:26:00

    "Terkait WTP, pertama kali KPU meraih WTP di tahun 2017, tetapi menurun di 2018 hanya WDP. Dari 86 kementerian/lembaga, hanya ada 5 yang meraih WDP di tahun 2018, termasuk KPU, sehingga WTP bukan prestasi lagi, tetapi kewajiban, dan kita harus bisa meraihnya di tahun 2019," tegas Pramono ...Selengkapnya...


  • DPT Harus Tuntas Jelang Pemilihan 2020
    Tanggal : 2019-09-22 11:17:00

    Oleh karena itu sebelum ditetapkan, Viryan berharap data yang disajikan valid dan tidak menimbulkan persoalan dikemudian hari. "Terkait dengan penetapan DPT, diharapkan tidak berulang-ulang. Semua data pemilih jangan ada selisih satu orang pun," ujar Viryan. ...Selengkapnya...


  • Antisipasi Potensi Masalah Hukum di Pemilihan 2020
    Tanggal : 2019-09-22 09:08:00

    Adapun langkah antisipatif yang dapat dilakukan jajaran seperti meningkatkan kembali pemahaman terkait aturan kepemiluan dengan membaca kembali PKPU maupun UU yang berkaitan dengan pemilihan. ...Selengkapnya...


Statistik Pengunjung
Link KPU Daerah
KIP Aceh
http://kip.acehprov.go.id/
KPU Provinsi Sumatera Utara
http://kpud-sumutprov.go.id/
KPU Provinsi Sumatra Barat
http://sumbar.kpu.go.id
KPU Provinsi Riau
http://kpu-riauprov.go.id/
KPU Provinsi Sumatera Selatan
http://sumsel.kpu.go.id/
KPU Provinsi Lampung
http://lampung.kpu.go.id
KPU Provinsi Kep. Babel
http://kpu-babelprov.go.id/
KPU Provinsi Kepri
http://kepri.kpu.go.id/
KPU DKI Jakarta
http://kpujakarta.go.id
KPU Provinsi Jawa Barat
http://jabar.kpu.go.id/
KPU Provinsi Jawa Tengah
http://jateng.kpu.go.id/
KPU Provinsi Jawa Timur
http://kpujatim.go.id/
KPU Provinsi Banten
http://kpu-bantenprov.go.id/
KPU Provinsi Bali
http://bali.kpu.go.id/
KPU Provinsi NTB
http://kpud-ntbprov.go.id/
KPU Provinsi NTT
http://ntt.kpu.go.id/
KPU Provinsi Kalbar
http://kalbar.kpu.go.id
KPU Provinsi Kalteng
http://kpu-kaltengprov.go.id/
KPU Provinsi Kalsel
http://kalsel.kpu.go.id/
KPU Provinsi Kaltim
http://kaltim.kpu.go.id/
KPU Provinsi Sulawesi Tenggara
http://sultra.kpu.go.id/
KPU Provinsi Sulawesi Tengah
http://sulteng.kpu.go.id/
KPU Provinsi Sulawesi Selatan
http://sulsel.kpu.go.id/
KPU Provinsi Sulawesi Utara
http://www.kpu-sulutprov.go.id/
KPU Provinsi Gorontalo
http://gorontalo.kpu.go.id/
KPU Provinsi Sulawesi Barat
http://kpu-sulbarprov.go.id/
KPU Provinsi Maluku
http://kpu-malukuprov.go.id/
KPU Provinsi Maluku Utara
http://malut.kpu.go.id/
KPU DIY
http://diy.kpu.go.id/
KPU Provinsi Bengkulu
http://bengkulu.kpu.go.id
KPU Provinsi Jambi
http://kpud-jambiprov.go.id/
KPU Provinsi Papua Barat
http://kpu-papuabaratprov.go.id/
KPU Provinsi Papua
http://kpu-papuaprov.go.id/
KPU Provinsi Kalimantan Utara
http://kaltara.kpu.go.id/

Selengkapnya...