• Sukseskan Pemilihan Serentak 2020 di 9 Provinsi 224 Kabupaten 37 Kota

Ajak Anggota DPRD Banyumas Kenalkan Hasil Pemilu 2019

Tanggal : 21 Oct 2019 15:00:00 • Penulis : admin • Dibaca : 360 x

Jatilawang, kpu.go.id – Meski tahapan Pemilu 2019 sudah usai namun kerja Komisi Pemilihan Umum (KPU) tetaplah berlanjut. Seperti yang dilakukan KPU Kabupaten Banyumas yang berinisiatif menyebarluaskan informasi hasil Pemilu 2019 kepada masyarakat.

Kegiatan pada Senin (21/10/2019) berlangsung di Desa Tinggarjaya, Kecamatan Jatilawang. Ditempat tersebut disampaikan hasil Pemilu 2019 kepada Kelompok Pemuda Tani Mlethek Srengenge dan Kelompok Wanita Tani Pelangi. Kegiatan ini turut diikuti oleh tiga Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Banyumas hasil Pemilu 2019.

Menurut Anggota KPU Banyumas Yasum Surya Mentari, tujuan dari kegiatan ini selain menyebarluaskan informasi hasil-hasil pemilu juga memberikan pemahaman kepada pemilih tentang tugas dan kewajiban para calon wakil rakyat yang telah terpilih dan duduk di legislatif.

Menurut dia tugas KPU tidak hanya menjadi penyelenggara disetiap Pemilu, tetapi juga bertanggung jawab memberikan pemahaman atas tugas dari lembaga yang dibentuk dari hasil Pemilu. “Umumnya masyarakat kurang memiliki pemahaman tentang tugas-tugas dari anggota dewan. Atau bagaimana mekanisme menyalurkan aspirasi dan bagaimana mengontrol kinerja para anggota yang terpilih,” ungkap dia.

Untuk itu, KPU Banyumas juga berinisiatif menghadirkan langsung para anggota dewan yang terpilih. Apalagi mereka yang diajak bersosialisasi adalah perwakilan dari masing-masing daerah pemilihan (dapil). “Kita sebelumnya secara kelembagaan telah bersurat kepada pimpinan DPRD untuk bersedia menghadirkan para anggota dewan. Prinsipnya, KPU memberikan kesempatan kepada seluruh anggota untuk mengenalkan diri dan menyampaikan apa yang sedang dan akan dilakukan selama lima tahun ke depan,” tambahnya.

Tugas Pokok DPRD

Sementara itu pada sesi sosialisasi, tiga anggota dewan yang hadir Yuningsih (Fraksi Partai Gerindra), Dodet Suryondaru Maduranto (Fraksi Partai Golkar) dan Wawan Yuwandha (Fraksi PDI-Perjuangan) berbincang dengan masyarakat.

Seperti Yuningsih mengakui dirinya anggota dewan baru, namun berkomitmen untuk mengembangkan ekonomi kelompok perempuan yang tergabung dalam kelompok wanita tani. Sementara, Dodet memberikan penjelasan tentang tugas, pokok dan fungsi DPRD. Menurut legislator asal Kecamatan Rawalo ini, fungsi DPRD di tingkat kabupaten kurang lebih sama dengan fungsi badan legislatif di tingkat desa yakni BPD.

Dikesempatan selanjutnya, Wawan yang juga mantan Kepala Desa Tumiyang, Kebasen ini, mengatakan bahwa menjadi anggota dewan harus siap untuk dirundung (bully), terlebih dimasyarakat masih banyak yang memandang anggota dewan dari sisi yang negatif. Padahal, banyak kerja-kerja dewan yang tidak terlihat tetapi sangat dirasakan oleh masyarakat. “Kami (sudah siap) tatag (kuat menghadapi) keluhan-keluhan masyarakat. Ibaratnya kalau ada 100 keluhan, kami sudah siap untuk menampung mana-mana yang perlu ditindak-lanjuti mana yang tidak”, ujarnya.

Respon Positif

Sementara itu warga yang hadir tampak antusias mengikuti kegiatan. Mulyati (39), salah seorang anggota kelompok wanita tani menanyakan pembagian komisi-komisi di DPRD Kabupaten Banyumas dan bagaimana cara untuk menyampaikan aspirasi. Sedangkan Sudikto (60), menanyakan kelanjutan program pemberian bantuan pembibitan sapi yang pernah dijanjikan oleh pemerintah. Sedangkan Makhroni (45) selaku pengurus kelompok tani menyampaikan apresiasi yang tinggi kepada KPU yang telah mengenalkan sekaligus menghadirkan para anggota dewan. “Ini sesuatu yang spesial karena kami dapat langsung berdialog dengan para wakil rakyat,“ ungkapnya.

Di akhir acara, anggota KPU Banyumas Hanan Wiyoko menyampaikan apresiasi yang tinggi kepada para anggota dewan yang bersedia hadir. Dia berharap dengan adanya dialog dua arah antara para anggota dewan dan konsituennya akan mengurangi sumbatan-sumbatan antara pemilih dan wakilnya. Dia juga menyampaikan KPU Banyumas juga akan melaksanakan kegiatan serupa di dapil yang lain. (spa/ed diR)


Post Terkait

Statistik Pengunjung
Link KPU Daerah
KIP Aceh
http://kip.acehprov.go.id/
KPU Provinsi Sumatera Utara
http://kpud-sumutprov.go.id/
KPU Provinsi Sumatra Barat
http://sumbar.kpu.go.id
KPU Provinsi Riau
http://riau.kpu.go.id/
KPU Provinsi Sumatera Selatan
http://sumsel.kpu.go.id/
KPU Provinsi Lampung
http://lampung.kpu.go.id
KPU Provinsi Kep. Babel
http://kpu-babelprov.go.id/
KPU Provinsi Kepri
http://kepri.kpu.go.id/
KPU DKI Jakarta
http://kpujakarta.go.id
KPU Provinsi Jawa Barat
http://jabar.kpu.go.id/
KPU Provinsi Jawa Tengah
http://jateng.kpu.go.id/
KPU Provinsi Jawa Timur
http://kpujatim.go.id/
KPU Provinsi Banten
http://kpu-bantenprov.go.id/
KPU Provinsi Bali
http://bali.kpu.go.id/
KPU Provinsi NTB
http://kpud-ntbprov.go.id/
KPU Provinsi NTT
http://ntt.kpu.go.id/
KPU Provinsi Kalbar
http://kalbar.kpu.go.id
KPU Provinsi Kalteng
http://kpu-kaltengprov.go.id/
KPU Provinsi Kalsel
http://kalsel.kpu.go.id/
KPU Provinsi Kaltim
http://kaltim.kpu.go.id/
KPU Provinsi Sulawesi Tenggara
http://sultra.kpu.go.id/
KPU Provinsi Sulawesi Tengah
http://sulteng.kpu.go.id/
KPU Provinsi Sulawesi Selatan
http://sulsel.kpu.go.id/
KPU Provinsi Sulawesi Utara
http://www.kpu-sulutprov.go.id/
KPU Provinsi Gorontalo
http://gorontalo.kpu.go.id/
KPU Provinsi Sulawesi Barat
http://kpu-sulbarprov.go.id/
KPU Provinsi Maluku
http://kpu-malukuprov.go.id/
KPU Provinsi Maluku Utara
http://malut.kpu.go.id/
KPU DIY
http://diy.kpu.go.id/
KPU Provinsi Bengkulu
http://bengkulu.kpu.go.id
KPU Provinsi Jambi
http://kpud-jambiprov.go.id/
KPU Provinsi Papua Barat
http://kpu-papuabaratprov.go.id/
KPU Provinsi Papua
http://kpu-papuaprov.go.id/
KPU Provinsi Kalimantan Utara
http://kaltara.kpu.go.id/

Selengkapnya...