• Sukseskan Pemilihan Serentak 2020 di 9 Provinsi 224 Kabupaten 37 Kota

Tuna Grahita Antusias Main Ular Tangga Pemilu

Tanggal : 04 Feb 2020 13:00:00 • Penulis : admin • Dibaca : 10909 x

Temanggung, kpu.go.id - Para penyandang tuna grahita, penerima manfaat di Balai Besar Rehabilitasi Sosial Penyandang Disabilitas Intelektual (BBRSPDI) Kartini Temanggung, antusias memainkan permainan Ular Tangga Pemilu milik Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Temanggung, Selasa (4/2/2020).

Sebagian dari penerima manfaat yang berjumlah 72 orang itu silih berganti menjadi anak dadu permainan ular tangga berukuran 4x4 meter tersebut, juga silih berganti menjadi pelempar dadu seukuran bantal. Sementara sebagaian lainnya tak henti-hentinya berteriak menyemangati para pemain perwakilan kelompoknya yang sedang bertanding.

Untuk memainkan Ular Tangga Pemilu tersebut para penyandang disabilitas dibagi dalam dua kelompok, pertama Tim Pemilu Yes dan Tim Golput No, yang mana masing-masing beranggotakan 36 orang. Anggota setiap tim yang ditugaskan turun ke lapangan, lalu saling bersaing guna lebih dahulu mencapai kotak angka 100 atau finish.

‘’Teman-teman penuh gairah dan antusias bermain ular tangga pemilu ini, mereka sama-sama ingin mencoba menjadi anak dadu atau pelempar dadu. Selain permainan ini menarik karena ukuranya besar, kami juga ingin menjadi juara dan merebut hadiah,’’kata Sudarmadi, kapten Tim Pemilu Yes, yang akhirnya memenangi permainan.

Kendati disabilitas intelektual, namun bukan hal sulit bagi mereka untuk memainkan Ular Tangga Pemilu. Bahkan, beberapa di antara mereka mengaku, telah sejak kecil mengenal permainan ular tangga, yang tata cara permainannya serupa dengan Ular Tangga Pemilu.

Perbedaan antara ular tangga pemilu dengan ular tangga yang biasanya ialah pada ukuran yang besar serta orang yang menjadi anak dadunya. Kemudian, pada setiap kotak yang ada gambar tangga dan gambar ular, terdapat kata-kata yang berkaitan dengan pembelajaran pemilu.

Kata-kata tersebut misalnya, seperti di kotak nomor tiga, yang berbunyi ‘’terdaftar di DPT’’ selanjutnya kotak itu dihubungkan dengan tangga ke kotak nomor 21, yang di sana terdapat kata ‘’berhak memilih’’.

Lalu, di beberapa kotak lainnya yang dihubungkan dengan tangga ada kata ‘’sosialisasi Pemilu’’- ‘’tata cara memilih’’, ‘’memilih secara berdaulat’’-‘’negara kuat’’, ‘’akses untuk disabilitas’’-‘’pemilu adil dan umum’’, ‘’kenali calon’’-‘’pemimpin berintegritas’’, ‘’hormati beda pilihan’’-‘’hidup berdampingan aman damai’’, dan sebagainya.      

Adapun untuk antar-kotak yang dihubungan dengan ular, kata-katanya antara lain,‘’belum 17 tahun atau nikah’’- ‘’tak penuhi syarat’’, ‘’merusak surat suara’’-‘’pilihan tidak sah’’, ‘’ujaran kebencian sara hoaks’’-‘’ancam persatuan kesatuan’’, ‘’suap politik uang’’-‘’pemimpin korup’’, ‘’politik uang’’-‘’pidana penjara’’, ‘’mencoblos lebih dari sekali’’- ‘’penjara’’, dan sebagainya.

Ketika ada pemain yang dari hasil hitungan lemparan dadunya mendapati kotak yang ada gambar tangga atau ularnya, pemandu permainan kemudian akan menanyakan maksud atau hubungan kata-kata yang ada di dua kotak tersebut. Jika, jawabanya benar atau masuk akal, yang bersangkutan mendapat hadiah.

Anggota KPU Temanggung Divisi Sosialisasi, Parmas dan SDM, Henry Sofyan mengatakan, kegiatan di BBRSPDI itu merupakan bagian dari pendidikan pemilih, yang dikemas dalam bentuk permainan. Sehingga, bisa menarik dan menggemberikan pesertanya. “Dengan peserta tertarik dan bergembira, kami berharap materi pendidikan pemilih akan berkesan, bisa dipahami dan dipedomani,” ujarnya.

Pelaksana Tugas Kepala BBRSPDI, Langgeng Setiawan berharap hasil kegiatan pendidikan pemilih itu dapat menjadi bekal para penerima manfaat tatkala menggunakan hak pilihnya pada pemilihan atau pemilu. Terlebih, sesuai ketentuan, penyandang disabilitas memiliki hak yang sama dalam menggunakan hak pilihnya. (HS/ed diR)


Post Terkait

Statistik Pengunjung
Link KPU Daerah
KIP Aceh
http://kip.acehprov.go.id/
KPU Provinsi Sumatera Utara
http://kpud-sumutprov.go.id/
KPU Provinsi Sumatra Barat
http://sumbar.kpu.go.id
KPU Provinsi Riau
http://riau.kpu.go.id/
KPU Provinsi Sumatera Selatan
http://sumsel.kpu.go.id/
KPU Provinsi Lampung
http://lampung.kpu.go.id
KPU Provinsi Kep. Babel
http://kpu-babelprov.go.id/
KPU Provinsi Kepri
http://kepri.kpu.go.id/
KPU DKI Jakarta
http://kpujakarta.go.id
KPU Provinsi Jawa Barat
http://jabar.kpu.go.id/
KPU Provinsi Jawa Tengah
http://jateng.kpu.go.id/
KPU Provinsi Jawa Timur
http://kpujatim.go.id/
KPU Provinsi Banten
http://kpu-bantenprov.go.id/
KPU Provinsi Bali
http://bali.kpu.go.id/
KPU Provinsi NTB
http://kpud-ntbprov.go.id/
KPU Provinsi NTT
http://ntt.kpu.go.id/
KPU Provinsi Kalbar
http://kalbar.kpu.go.id
KPU Provinsi Kalteng
http://kpu-kaltengprov.go.id/
KPU Provinsi Kalsel
http://kalsel.kpu.go.id/
KPU Provinsi Kaltim
http://kaltim.kpu.go.id/
KPU Provinsi Sulawesi Tenggara
http://sultra.kpu.go.id/
KPU Provinsi Sulawesi Tengah
http://sulteng.kpu.go.id/
KPU Provinsi Sulawesi Selatan
http://sulsel.kpu.go.id/
KPU Provinsi Sulawesi Utara
http://www.kpu-sulutprov.go.id/
KPU Provinsi Gorontalo
http://gorontalo.kpu.go.id/
KPU Provinsi Sulawesi Barat
http://kpu-sulbarprov.go.id/
KPU Provinsi Maluku
http://kpu-malukuprov.go.id/
KPU Provinsi Maluku Utara
http://malut.kpu.go.id/
KPU DIY
http://diy.kpu.go.id/
KPU Provinsi Bengkulu
http://bengkulu.kpu.go.id
KPU Provinsi Jambi
http://jambi.kpu.go.id/
KPU Provinsi Papua Barat
http://kpu-papuabaratprov.go.id/
KPU Provinsi Papua
http://kpu-papuaprov.go.id/
KPU Provinsi Kalimantan Utara
http://kaltara.kpu.go.id/

Selengkapnya...