• Sukseskan Pemilihan Serentak 2020 di 9 Provinsi 224 Kabupaten 37 Kota

Berpulangnya Pahlawan Transisi Demokrasi

Tanggal : 12 Sep 2019 09:11:30 • Penulis : admin • Dibaca : 1311 x

oleh Ketua KPU RI Arief Budiman

Rabu, 11 September 2019, sekira pukul 18.05 WIB, Bangsa Indonesia Berduka, Sang Pahlawan Demokrasi, Bacharuddin Jusuf Habibie tutup usia. Dimata rekan, sahabat dan masyarakat Indonesia sosok kelahiran Parepare Sulawesi Selatan 83 tahun silam tentu sangat berkesan. Tidak hanya karena sosoknya yang begitu lekat dengan perkembangan teknologi dan industri kedirgantaraan, tapi juga karena jasanya mengawal perjalanan demokrasi, peralihan kekuasaan di Era Reformasi, Presiden ketiga Republik Indonesia.

Bagi Keluarga Besar Komisi Pemilihan Umum (KPU), kepergian suami dari Hasri Ainun juga menjadi sebuah kehilangan yang mendalam. Sosoknya begitu penting karena mengantarkan KPU bermetamorfosa menjadi penyelenggara pemilu yang lebih mandiri, berintegritas dan profesional. Keppres Nomor 16 Tahun 1999, yang dikeluarkannya pada tanggal 16 Februari 1999, menjadi tonggak perubahan penyelenggara pemilu, KPU dari sebelumnya Lembaga Pemilihan Umum (LPU).

Dari sanalah penyelenggara pemilu yang sebelumnya dikomandoi Departemen Dalam Negeri (Depdagri)-sekarang Kementerian Dalam Negeri-berubah menjadi institusi yang dibentuk mewakili suara masyarakat.

Anggota KPU yang kala itu masih berjumlah 53 orang (48 perwakilan partai politik dan 5 perwakilan pemerintah) pun resmi dilantik olehnya pada 10 Maret 1999. Kerja KPU masa itu tidaklah mudah, karena dibebankan tugas menyukseskan pemilu yang pelaksanaannya dipercepat pasca runtuhnya Orde Baru.

Atas jasanya mengawal peralihan transisi demokrasi ini, KPU RI pada Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) di Eco Park Ancol 12 Desember 2014 menganugerahkan Lifetime Achievement Award kepadanya. Lulusan RWTH Aachen Jerman Barat dianggap berperan penting dalam menjaga dan menyukseskan pemilu dengan format multi partai. Pemilu 1999 pun berjalan damai dengan angka partisipasi pemilih mencapai 92,6 persen.

Habibie saat itu memang berhalangan hadir menerima langsung penghargaan karena masalah kesehatan, namun pada 29 Desember 2014, KPU RI yang diwakili Ketua (Alm) Husni Kamil Manik serta Anggota Juri Ardiyantoro dan Hadar Nafis Gumay berkesempatan menyambangi kediamannya di Patra Kuningan Jakarta Selatan. Semangatnya dalam memajukan kepemiluan di Indonesia tetap menyala, hal ini ditandai dengan komitmennya untuk terus memberikan sumbangsih melalui tulisan-tulisan. Kala itu Habibie berharap lewat tulisan-tulisannya kelak, pemikiran tentang kepemiluannya bisa dikembangkan dan disempurnakan untuk tata kelola pemilu yang lebih baik.

Diluar itu, secara pribadi saya melihat sosok pria penemu ‘Teori Habibie’ tersebut sebagai inspirasi yang bisa ditiru bagi semua kalangan dan generasi. Ibadahnya, harmoni keluarganya, kecerdasannya dan komitmennya untuk bangsa dan negara layak menjadi contoh bagi kita semua.

Selamat jalan Mr Crack, karya dan pengabdianmu akan terus kami kenang dan cita-cita besarnya yang belum tercapai menjadi tugas bersama seluruh rakyat indonesia untuk mewujudkannya Semoga Husnul Khotimah, diampuni segala dosa dan diterima segala amal baiknya. Aamiin.


Post Terkait

Statistik Pengunjung
Link KPU Daerah
KIP Aceh
http://kip.acehprov.go.id/
KPU Provinsi Sumatera Utara
http://kpud-sumutprov.go.id/
KPU Provinsi Sumatra Barat
http://sumbar.kpu.go.id
KPU Provinsi Riau
http://riau.kpu.go.id/
KPU Provinsi Sumatera Selatan
http://sumsel.kpu.go.id/
KPU Provinsi Lampung
http://lampung.kpu.go.id
KPU Provinsi Kep. Babel
http://kpu-babelprov.go.id/
KPU Provinsi Kepri
http://kepri.kpu.go.id/
KPU DKI Jakarta
http://kpujakarta.go.id
KPU Provinsi Jawa Barat
http://jabar.kpu.go.id/
KPU Provinsi Jawa Tengah
http://jateng.kpu.go.id/
KPU Provinsi Jawa Timur
http://kpujatim.go.id/
KPU Provinsi Banten
http://kpu-bantenprov.go.id/
KPU Provinsi Bali
http://bali.kpu.go.id/
KPU Provinsi NTB
http://kpud-ntbprov.go.id/
KPU Provinsi NTT
http://ntt.kpu.go.id/
KPU Provinsi Kalbar
http://kalbar.kpu.go.id
KPU Provinsi Kalteng
http://kpu-kaltengprov.go.id/
KPU Provinsi Kalsel
http://kalsel.kpu.go.id/
KPU Provinsi Kaltim
http://kaltim.kpu.go.id/
KPU Provinsi Sulawesi Tenggara
http://sultra.kpu.go.id/
KPU Provinsi Sulawesi Tengah
http://sulteng.kpu.go.id/
KPU Provinsi Sulawesi Selatan
http://sulsel.kpu.go.id/
KPU Provinsi Sulawesi Utara
http://www.kpu-sulutprov.go.id/
KPU Provinsi Gorontalo
http://gorontalo.kpu.go.id/
KPU Provinsi Sulawesi Barat
http://kpu-sulbarprov.go.id/
KPU Provinsi Maluku
http://kpu-malukuprov.go.id/
KPU Provinsi Maluku Utara
http://malut.kpu.go.id/
KPU DIY
http://diy.kpu.go.id/
KPU Provinsi Bengkulu
http://bengkulu.kpu.go.id
KPU Provinsi Jambi
http://kpud-jambiprov.go.id/
KPU Provinsi Papua Barat
http://kpu-papuabaratprov.go.id/
KPU Provinsi Papua
http://kpu-papuaprov.go.id/
KPU Provinsi Kalimantan Utara
http://kaltara.kpu.go.id/

Selengkapnya...