• Sukseskan Pemilihan Serentak 2020 di 9 Provinsi 224 Kabupaten 37 Kota

Sukses Partisipasi Pemilu 2019 akan Dirangkum Dalam Buku

Tanggal : 09 Nov 2019 11:00:00 • Penulis : admin • Dibaca : 963 x

Batam, kpu.go.id - Bertujuan menjaga sejarah serta menyebarluaskan pengalaman sukses penyelenggaraan Pemilu 2019 kepada masyarakat dan pemangku kepentingan (stakeholder), Komisi Pemilihan Umum (KPU) berencana merangkum kisah dibalik sukses peningkatan partisipasi pemilih ke dalam sebuah buku. 

Cerita dibalik upaya peningkatan partisipasi pemilih ini akan diambil dari kisah para penyelenggara di 34 provinsi di Indonesia yang telah berjuang dengan inovasi dan kerja keras mengajak masyarakat menggunakan hak pilihnya di 17 April 2019. 

Anggota KPU RI Wahyu Setiawan menekankan pentingnya mendokumentasikan kesuksesan Pemilu 2019 kedalam tulisan. Melalui tulisan diharapkan hal positif yang terjadi selama pemilu serentak lalu bisa dilanjutkan dan hal negatif tidak terulang. "Kita manusia sejarah, cirinya itu kita meninggalkan sesuatu dalam bentuk tulisan. Kalau kemudian hanya bahasa tutur, itu (akan) jadi dongeng, kalau tulisan itu bisa diwariskan dalam hal partisipasi masyarakat," ucap Wahyu.

Kebiasaan menulis suatu peristiwa menjadi buku menurut Wahyu juga harus dibiasakan. Dan KPU RI menurut dia telah melakukan hal tersebut dari sejumlah peristiwa kepemiluan. "Kita juga sudah menyusun buku, modul pemilih berbasis keluarga, kemudian modul pendidikan pemilih, bunga rampai, kemudian pemilih pemula," kata Wahyu.

Oleh karena itu Wahyu mendorong jajaran penyelenggara didaerah juga lebih gemar mendokumentasikan kerja maupun peristiwa yang ada ke dalam buku. "Kita berharap semua provinsi dapat membuat tulisan dibuku itu karena ini capaian kita semua. Semangatnya adalah semua provinsi bisa membuat tulisan sebesar itu," tuturnya.

Sementara itu berturut-turut Anggota KPU RI Viryan mengingatkan pentingnya buku sebagai bahan informasi masyarakat. Melalui buku publik juga mendapat informasi yang sebenarnya berkaitan dengan proses kepemiluan di 2019. "Kepentingan politik KPU, fakta-fakta yang kita kerjakan bersama dengan parameter yang biasa digunakan orang itu diatas rata-rata. Stigma terbangun pemilu terburuk, padahal ini pemilu terumit, terkompleks tapi bisa menghasilkan kualitas terbaik," kata Viryan. 

Anggota KPU RI Ilham Saputra menyarankan agar tulisan yang dikirimkan dari tiap provinsi beraneka ragam. Kekhasan dari tiap daerah dalam mendukung upaya peningkatan partisipasi pemilih menurut dia lebih menarik untuk dibaca dan menjadi referensi banyak orang. "Tulisan kalau bisa tematik, artinya tidak satu provinsi dengan yang lain ada yang sama. Kalau bisa yang khas per provinsi dimunculkan," kata Ilham. 

Sementara itu Anggota KPU RI Evi Novida Ginting Manik berharap buku yang akan terbit nanti memuat hal yang telah dilakukan selama Pemilu 2019. "Tentu kita perlu menonjolkan sesuatu yang menunjukkan bahwa kita sudah melakukan sesuatu yang besar tapi bukan melebihkan," harap Evi. 

Sebelumnya Kepala Biro Teknis dan Hupmas KPU RI Nur Syarifah mengatakan bahwa tujuan pembuatan buku adalah karena keterbatasan ingatan manusia dalam mengingat suatu peristiwa. Selain itu sebagai pertanggungjawaban moral dan hukum kepada masyarakat atas kerja yang telah dilakukan. (hupmas kpu ri dianR/foto: dianR/ed diR)


Post Terkait

Statistik Pengunjung
Link KPU Daerah
KIP Aceh
http://kip.acehprov.go.id/
KPU Provinsi Sumatera Utara
http://kpud-sumutprov.go.id/
KPU Provinsi Sumatra Barat
http://sumbar.kpu.go.id
KPU Provinsi Riau
http://riau.kpu.go.id/
KPU Provinsi Sumatera Selatan
http://sumsel.kpu.go.id/
KPU Provinsi Lampung
http://lampung.kpu.go.id
KPU Provinsi Kep. Babel
http://kpu-babelprov.go.id/
KPU Provinsi Kepri
http://kepri.kpu.go.id/
KPU DKI Jakarta
http://kpujakarta.go.id
KPU Provinsi Jawa Barat
http://jabar.kpu.go.id/
KPU Provinsi Jawa Tengah
http://jateng.kpu.go.id/
KPU Provinsi Jawa Timur
http://kpujatim.go.id/
KPU Provinsi Banten
http://kpu-bantenprov.go.id/
KPU Provinsi Bali
http://bali.kpu.go.id/
KPU Provinsi NTB
http://kpud-ntbprov.go.id/
KPU Provinsi NTT
http://ntt.kpu.go.id/
KPU Provinsi Kalbar
http://kalbar.kpu.go.id
KPU Provinsi Kalteng
http://kpu-kaltengprov.go.id/
KPU Provinsi Kalsel
http://kalsel.kpu.go.id/
KPU Provinsi Kaltim
http://kaltim.kpu.go.id/
KPU Provinsi Sulawesi Tenggara
http://sultra.kpu.go.id/
KPU Provinsi Sulawesi Tengah
http://sulteng.kpu.go.id/
KPU Provinsi Sulawesi Selatan
http://sulsel.kpu.go.id/
KPU Provinsi Sulawesi Utara
http://www.kpu-sulutprov.go.id/
KPU Provinsi Gorontalo
http://gorontalo.kpu.go.id/
KPU Provinsi Sulawesi Barat
http://kpu-sulbarprov.go.id/
KPU Provinsi Maluku
http://kpu-malukuprov.go.id/
KPU Provinsi Maluku Utara
http://malut.kpu.go.id/
KPU DIY
http://diy.kpu.go.id/
KPU Provinsi Bengkulu
http://bengkulu.kpu.go.id
KPU Provinsi Jambi
http://kpud-jambiprov.go.id/
KPU Provinsi Papua Barat
http://kpu-papuabaratprov.go.id/
KPU Provinsi Papua
http://kpu-papuaprov.go.id/
KPU Provinsi Kalimantan Utara
http://kaltara.kpu.go.id/

Selengkapnya...