• Terima kasih kepada seluruh masyarakat Indonesia atas partisipasinya dalam Pemilihan Serentak 2020

Pemilu 2024 Sudah di Depan Mata

Tanggal : 25 Mar 2021 23:59:00 • Penulis : admin • Dibaca : 759 x

oleh: Subchan Zuhri (Ketua KPU Kabupaten Jepara)

Tahun 2024 merupakan tahun politik. Di tahun itu, ada dua penyelenggaraan pesta demokrasi, yakni pemilihan umum (pemilu) dan pemilihan kepada daerah atau dalam Undang-undang (UU) disebut pemilihan. 

Pemilu, sebagaimana 2019 adalah hajat demokrasi terbesar di negeri ini untuk memilih presiden dan wakil presiden, anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR), anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) sekaligus memilih anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) provinsi dan kabupaten/kota. Sedangkan pemilihan adalah untuk memilih gubernur dan wakil gubernur, bupati dan wakil bupati serta wali kota dan wakil wali kota secara serentak.

Yang berdeda dengan 2019, pada 2024 nanti pemilu dan pemilihan diselenggarakan di tahun yang sama. Pemilihan serentak diselenggarakan berdasarkan UU Nomor 10 tahun 2016 tentang perubahan kedua atas UU Nomor 1 Tahun 2015 tentang Penetapan Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-undang (Perppu) Nomor 1 Tahun 2014 tentang Pemilihan Gubernur, Bupati, dan Wali kota menjadi UU. Dalam UU tersebut, pemilihan serentak diselenggarakan beberapa tahap sejak 2015, 2017, 2018 dan 2020. Kemudian hasil Pemilihan 2017, 2018 dan 2020 akan diserentakkan pelaksanaannya pada 2024 di bulan November. 

Ketentuan pelaksanaan pemilihan tersebut jelas diatur dalam pasal 201 ayat (8) UU 10/2016 yang berbunyi “pemungutan suara serentak nasional dalam Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, serta Wali Kota dan Wakil Wali Kota di seluruh wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia dilaksanakan pada bulan November 2024”. Ketentuan ini sekaligus menegaskan bahwa pemilu dan pemilihan meskipun diselenggarakan di tahun yang sama, yakni 2024, tidak dilaksanakan pada hari dan bulan yang sama. 

Jika merujuk pada tahapan Pemilu 2019 lalu, pemilu nasional diselenggarakan pada April 2019. Tahapan pemungutan suara untuk memilih presiden dan wakil presiden, DPR, DPD, DPRD provinsi dan DPRD kabupaten/kota tentu sudah disesuaikan dengan akhir masa jabatan (AMJ) yang dipilih, termasuk juga memerhatikan tahapan sengketa hasil pemilihan pascapemungutan suara. 

Menghadapi Tahapan Pemilu 2024 

Tahapan Pemilu 2024 saat ini memang belum ditetapkan dalam Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU). Namun,  sebagai gambarannya, KPU RI telah merancang simulasi tahapan pemilu dan Pemilihan serentak 2024. Dari simulasi tahapan yang disusun KPU RI ada beberapa tahapan yang beririsan antara Pemilu dan Pemilihan 2024. 

Simulasi tahapan yang disusun KPU RI juga merancang hari pemungutan suara Pemilu 2024 yang diajukan pelaksanaannya pada Maret, maju satu bulan dibanding pemilu lima tahun sebelumnya yang diselenggarakan pada April 2019. Salah satu pertimbangan memajukan hari pemungutan suara adalah menyesuaikan dengan tahapan pemilihan. Sebab tahapan Pemilihan 2024 akan sangat tergantung dengan hasil perolehan suara Pemilu 2024, dimana dalam tahapan pencalonan pasangan kepala daerah, partai yang berhak mengajukan pasangan calon adalah partai berdasarkan perolehan suara pemilu sebelumnya, yakni Pemilu 2024. 

Dengan diajukannya hari tanggal pemungutan suara Pemilu 2024, maka berdampak terhadap tahapan pemilu yang juga akan dimulai lebih awal. Dalam simulasi yang disusun KPU RI, tahapan persiapan Pemilu 2024 akan dimulai November 2021. Dengan demikian, sebenarnya tinggal beberapa bulan lagi kita akan memasuki tahapan Pemilu 2024. Oleh karenanya, saat ini adalah waktu yang tepat untuk benar-benar menyiapkan segala sesuatu guna menghadapi tahapan pemilu dan pemilihan. Persiapan ini tentu saja bukan hanya bagi penyelenggara pemilu. Namun, bagi calon peserta pemilu, wabilhusus partai politik, sangat perlu untuk pasang kuda-kuda dan menguatkan konsolidasi dalam rangka menyambut Pemilu dan Pemilihan 2024. 

Semua yang akan terlibat dalam hajat demokrasi terbesar di dunia ini mesti mulai mengencangkan ikat pinggang karena sejatinya Pemilu 2024 bukan pemilu yang akan diselenggarakan tiga tahun lagi tapi tahapan Pemilu 2024 sudah di depan mata. 

Bagi partai politik calon peserta Pemilu 2024, saat ini sudah semestinya bersiap untuk segera mengiktui tahapan pendaftaran dan verifikasi faktual partai politik peserta pemilu. Tahapan ini tidak mengecualikan bagi partai politik peserta Pemilu 2019 baik yang lolos parliamentary threshold maupun tidak. Sebab Mahkamah Konstitusi (MK) dalam putusannya nomor 60/PUU-XV/2017 yang berkonsekuensi mewajibkan semua partai politik calon peserta pemilu mengikuti dan lolos verifikasi administrasi dan verifikasi faktual untuk bisa ditetapkan menjadi peserta pemilu. 

Dengan tidak adanya pemilihan di 2022 dan 2023, konsentrasi partai politik mestinya menjadi lebih fokus untuk menghadapi tahapan Pemilu 2024. Energi partai politik harus dicurahkan untuk melalui tahapan awal yang sangat menentukan. Yakni lolos menjadi peserta Pemilu 2024. Tahap verifikasi peserta pemilu ini  bisa dikata tidak ringan. Pengalaman Pemilu 2019 lalu, banyak pengurus partai politik baik di tingkat pusat maupun daerah harus berjuang keras untuk bisa lolos verifikasi administrasi dan faktual. Bahkan ada partai politik yang akhirnya gagal menjadi peserta Pemilu 2019. 

Bagi penyelenggara pemilu, saat ini juga saat yang tepat dalam menyiapkan semua perangkat kebutuhan untuk melaksanakan tahapan Pemilu 2024. Sukses di Pemilu 2019 harus berlanjut di Pemilu 2024.  Kita semua harus menghadapinya dengan penuh optimistis. (*)


Post Terkait

  • Kapan Kaum Difabel Masuk Kekuasaan?
    Tanggal : 2021-04-09 22:57:00

    Kaum penyandang disabilitas (difabel) telah diberikan hak politik oleh pemerintah. Kebebasan individu dalam konteks demokrasi mengakui keutamaan moral dari seseorang individu dan bahwa semua individu memiliki hak mendasar tertentu ...Selengkapnya...


  • Menilik Kompetisi Politik 2024
    Tanggal : 2021-04-01 17:32:56

    Pemilihan umum pertama kali diselenggarakan pada tahun 1955 untuk memilih anggota DPR dan konstituante yang lebih dikenal dengan sebutan periode demokrasi parlementer. Selanjutnya dalam kurun waktu 1966-1998 selama 32 tahun ...Selengkapnya...


  • Pemilihan di Wilayah Rawan Bencana Alam
    Tanggal : 2021-03-08 11:31:47

    Kabupaten Pandeglang adalah salah satu daerah yang melaksanakan Pemilihan 2020. Dengan jumlah 35 kecamatan dan DPT 904.782 orang pemilih, Pandeglang menorehkan ...Selengkapnya...


  • Cara Tepat KPU Mahulu Tingkatkan Partisipasi Pemilih di Pemilihan 2020
    Tanggal : 2021-03-02 03:00:00

    Pemilihan Kepala Daerah merupakan sarana perwujudan demokrasi langsung di tingkat daerah. Masyarakat memiliki kesempatan secara langsung untuk memilih pemimpin di daerahnya ...Selengkapnya...


  • Kepala Daerah Terpilih
    Tanggal : 2021-03-01 21:00:00

    Kemenangan dalam suatu pemilihan diatur berdasarkan UU Republik Indonesia No 10 Tahun 2016 Tentang Perubahan Kedua Atas Undang-Undang Nomor 1 Tahun 2015 Tentang Penetapan Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-undang Nomor 1 Tahun 2014 ...Selengkapnya...


Statistik Pengunjung
Link KPU Daerah
KIP Aceh
http://kip.acehprov.go.id/
KPU Provinsi Sumatera Utara
http://kpud-sumutprov.go.id/
KPU Provinsi Sumatra Barat
http://sumbar.kpu.go.id
KPU Provinsi Riau
http://riau.kpu.go.id/
KPU Provinsi Sumatera Selatan
http://sumsel.kpu.go.id/
KPU Provinsi Lampung
http://lampung.kpu.go.id
KPU Provinsi Kep. Babel
http://kpu-babelprov.go.id/
KPU Provinsi Kepri
http://kepri.kpu.go.id/
KPU DKI Jakarta
http://kpujakarta.go.id
KPU Provinsi Jawa Barat
http://jabar.kpu.go.id/
KPU Provinsi Jawa Tengah
http://jateng.kpu.go.id/
KPU Provinsi Jawa Timur
http://kpujatim.go.id/
KPU Provinsi Banten
http://kpu-bantenprov.go.id/
KPU Provinsi Bali
http://bali.kpu.go.id/
KPU Provinsi NTB
http://kpud-ntbprov.go.id/
KPU Provinsi NTT
http://ntt.kpu.go.id/
KPU Provinsi Kalbar
http://kalbar.kpu.go.id
KPU Provinsi Kalteng
http://kpu-kaltengprov.go.id/
KPU Provinsi Kalsel
http://kalsel.kpu.go.id/
KPU Provinsi Kaltim
http://kaltim.kpu.go.id/
KPU Provinsi Sulawesi Tenggara
http://sultra.kpu.go.id/
KPU Provinsi Sulawesi Tengah
http://sulteng.kpu.go.id/
KPU Provinsi Sulawesi Selatan
http://sulsel.kpu.go.id/
KPU Provinsi Sulawesi Utara
http://www.kpu-sulutprov.go.id/
KPU Provinsi Gorontalo
http://gorontalo.kpu.go.id/
KPU Provinsi Sulawesi Barat
http://kpu-sulbarprov.go.id/
KPU Provinsi Maluku
http://kpu-malukuprov.go.id/
KPU Provinsi Maluku Utara
http://malut.kpu.go.id/
KPU DIY
http://diy.kpu.go.id/
KPU Provinsi Bengkulu
http://bengkulu.kpu.go.id
KPU Provinsi Jambi
http://jambi.kpu.go.id/
KPU Provinsi Papua Barat
http://kpu-papuabaratprov.go.id/
KPU Provinsi Papua
http://kpu-papuaprov.go.id/
KPU Provinsi Kalimantan Utara
http://kaltara.kpu.go.id/

Selengkapnya...