• Sukseskan Pemilihan Serentak 2020 di 9 Provinsi 224 Kabupaten 37 Kota

KPU Alor Gelar Bimtek Untuk Relawan Demokrasi

Tanggal : 19 Feb 2014 04:00:00 • Penulis : admin • Dibaca : 25102 x

Alor, kpu.go.id—Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Alor menggelar bimbingan teknis (Bimtek) kepada 25 orang relawan demokrasi (Relasi) yang sebelumnya telah direkrut. Dalam Bimtek tersebut dibekali dengan materi tentang kepemiluan, tugas dan kerja relawan, serta kode etik bagi relawan.

Bimtek yang di gelar di Aula Kantor KPU Alor ini berlangsung selama dua hari, Selasa-Rabu (18-19/2/2014). Kegiatan ini dibuka oleh Anggota KPU Alor, Husen Tolang mewakili Ketua KPU Alor, Constantina Mansula.

Hadir saat itu Sekretaris KPU Alor, Nelcy Mauta, sedangkan Pemateri dalam kegiatan Bimtek  adalah Anggota KPU Alor, Oktovianus Manehat, dan Efendi Tupong. Tampil sebagai moderator Anggota KPU Alor, Febriano Blegur, dan Kasubag Teknis Sekretariat KPU Alor, John Sakalla.

Husen Tolang dalam sambutannya pada acara pembukaan Bimtek mengatakan, Relasi yang direkrut ini merupakan orang pilihan. Karena tidak semua orang bisa menjadi relawan. Relawan ini bekerja untuk membantu KPU dalam menyosialisasikan, mengajak dan membangun pemahaman kepada masyarakat agar pada tanggal 9 April 2014 nanti datang ke TPS untuk menyalurkan hak suaranya. Relasi yang ada pantas juga disebut sebagai pahlawan demokrasi, sebab tugas yang ada mulia dan demi daerah serta nusa dan bangsa, karena tugas ini berkaitan dengan kepemiluan.

Ia menambahkan, relawan dalam menjalankan tugas di lapangan akan menjangkau  kepada lima segmen, yakni pemilih pemula, pemilih perempuan, pemilih kelompok agama, segmen disabilitas (penyandang cacad), dan kaum marginal. Pentingnya KPU merekrut Relasi ini karena dilatarbelakangi dengan riwayat pelaksanaan pemilu yang dari segi kuantitas partisipatif cenderung menurun. Fakta yang ada tahun 1999 angka partisipasi pemilih sebesar 92 persen, tahun 2004 partisipasi pemilih 84 persen, dan tahun 2009 partisipasi pemilih 71 persen.

Tolang  menegaskan, penyebab dari menurunnya partisipasi pemilih ini diakibatkan beberapa hal, yakni ketidakpuasan atas kinerja sistem politik yang tidak memberikan perbaikan kualitas hidup, jenuh dengan frekuensi penyelenggaraan pemilu yang tinggi, administrasi penyelenggaraan pemilu yang rumit, adanya paham anti demokrasi, dan melemahnya kesadaran masyarakat tentang pentingnya pemilu sebagai instrumen transformasi sosial.

Karena itu tandas Tolang, relawan ini akan berada di masyarakat untuk mendatangi segmen-segmen yang ada untuk mengajak masyarakat untuk tanggal 9 April 2014 nanti datang ke TPS untuk menyalurkan hak suaranya.
"Ini pekerjaan mulai, Relasi menjalankan tugas kenegaraan. Tujuan dari tugas ini adalah untuk meningkatkan kualitas proses pemilu, meningkatkan partisipasi pemilih, meningkatkan kepercayaan publik terhadap proses demokrasi, dan menjalankan  agenda pemilu dan demokratisasi," pungkas Tolang.

Terkait dengan kegiatan ini, materi yang diberikan kepada relawan antara lain Gambaran Umum tentang Pemilu dan Demokrasi, Perempuan Cerdas Berdemokrasi, Anak Muda Cerdas Berdemokrasi, Umat Beragama Cerdas Berdemokrasi, Kode Etik Relawan, dan Materi Simulasi Pencoblosan.(KPU Alor)


Post Terkait

  • KPU Libatkan Media dan Para Pakar Susun Konsep Debat Capres
    Tanggal : 2014-05-13 22:39:47

    Konsep debat, menurut para pakar itu, haruslah dapat menunjukkan tema-tema substantif dari masing-masing calon, seperti bidang hukum, politik, ekonomi dan kesejahteraan rakyat. Namun, debat juga harus dikemas dengan menarik dan memberikan porsi yang berimbang kepada media dalam durasi penyiarannya ...Selengkapnya...


  • KPU Terbitkan Surat Edaran 420 dan 421
    Tanggal : 2014-05-12 10:17:51

    KPU menerbitkan Surat Edaran Nomor 420 dan 421 ...Selengkapnya...


  • SE 249/KPU/IV/2014
    Tanggal : 2014-04-02 19:53:23

    Jakarta-kpu.go.id-Dalam rangka pelaksanaan pemungutan suara di TPS tanggal 9 April 2014 dan dalam rangka memberikan kemudahan untuk menggunakan hak pilih bagi Warga Negara Indonesia yang telah memenuh syarat, KPU/KIP Provinsi dan KPU/KIP Kabupaten/Kota agar melakukan langkah-langkah sebagai berikut:

    SE Nomor  249/KPU/IV/2014 tentang Penjelasan Pelaksanaan Pemungutan Suara di TPS… ...Selengkapnya...
  • SE KPU Nomor : 207/KPU/III/2014
    Tanggal : 2014-03-27 21:40:56

    Jakarta, kpu.go.id- Sehubungan dengan tata kerja dan hirarki organisasi di lingkungan KPU, KPU Provinsi dan KPU Kabupaten/Kota, terkait dengan pelaksanaan konsultasi di KPU, bersama ini disampaikan hal-hal sebagai berikut : ...Selengkapnya...


  • SE KPU Nomor : 190/KPU/III/2014
    Tanggal : 2014-03-26 22:17:58

    Jakarta, kpu.go.id- Menyikapi pelaksanaan pemungutan suara di tempat yang tertimpa musibah bencana alam bagi pemilih yang meninggalkan tempat tinggalnya, baik yang ditampung pada tempat-tempat pengungsian maupun tersebar di luar desa/kelurahan dan masih dalam wilayah kabupaten/kota setempat serta ...Selengkapnya...


Statistik Pengunjung
Link KPU Daerah
KIP Aceh
http://kip.acehprov.go.id/
KPU Provinsi Sumatera Utara
http://kpud-sumutprov.go.id/
KPU Provinsi Sumatra Barat
http://sumbar.kpu.go.id
KPU Provinsi Riau
http://riau.kpu.go.id/
KPU Provinsi Sumatera Selatan
http://sumsel.kpu.go.id/
KPU Provinsi Lampung
http://lampung.kpu.go.id
KPU Provinsi Kep. Babel
http://kpu-babelprov.go.id/
KPU Provinsi Kepri
http://kepri.kpu.go.id/
KPU DKI Jakarta
http://kpujakarta.go.id
KPU Provinsi Jawa Barat
http://jabar.kpu.go.id/
KPU Provinsi Jawa Tengah
http://jateng.kpu.go.id/
KPU Provinsi Jawa Timur
http://kpujatim.go.id/
KPU Provinsi Banten
http://kpu-bantenprov.go.id/
KPU Provinsi Bali
http://bali.kpu.go.id/
KPU Provinsi NTB
http://kpud-ntbprov.go.id/
KPU Provinsi NTT
http://ntt.kpu.go.id/
KPU Provinsi Kalbar
http://kalbar.kpu.go.id
KPU Provinsi Kalteng
http://kpu-kaltengprov.go.id/
KPU Provinsi Kalsel
http://kalsel.kpu.go.id/
KPU Provinsi Kaltim
http://kaltim.kpu.go.id/
KPU Provinsi Sulawesi Tenggara
http://sultra.kpu.go.id/
KPU Provinsi Sulawesi Tengah
http://sulteng.kpu.go.id/
KPU Provinsi Sulawesi Selatan
http://sulsel.kpu.go.id/
KPU Provinsi Sulawesi Utara
http://www.kpu-sulutprov.go.id/
KPU Provinsi Gorontalo
http://gorontalo.kpu.go.id/
KPU Provinsi Sulawesi Barat
http://kpu-sulbarprov.go.id/
KPU Provinsi Maluku
http://kpu-malukuprov.go.id/
KPU Provinsi Maluku Utara
http://malut.kpu.go.id/
KPU DIY
http://diy.kpu.go.id/
KPU Provinsi Bengkulu
http://bengkulu.kpu.go.id
KPU Provinsi Jambi
http://kpud-jambiprov.go.id/
KPU Provinsi Papua Barat
http://kpu-papuabaratprov.go.id/
KPU Provinsi Papua
http://kpu-papuaprov.go.id/
KPU Provinsi Kalimantan Utara
http://kaltara.kpu.go.id/

Selengkapnya...