• Terima kasih kepada seluruh masyarakat Indonesia atas partisipasinya dalam Pemilihan Serentak 2020


Debat Publik Antar Pasangan Calon Kepala Daerah 2020

Tanggal : 23 Nov 2020 22:58:00 • Penulis : admin • Dibaca : 27035 x

oleh: Lita Rosita (Anggota KPU Lebak, Divisi Teknis Penyelenggaraan)
 
Sesuai tahapan, jadwal, dan program, debat publik pasangan calon pada Pemilihan 2020 terjadwal 26 September 2020 -5 Desember 2020 (PKPU No 5 Tahun 2020). Memasuki tahapan debat publik di layar kaca sudah terlihat beberapa kali penayangan. Sarana publikasi yang digunakan tidak saja televisi, namun media lain seperti radio, dan media online yang semakin marak di era sekarang. Tujuan dari debat publik itu sendiri secara khusus dapat menyampaikan pesan dari para pasangan calon yang telah dikemas semenarik mungkin oleh penyelenggara, juga media penayangan.
 
Debat publik pasangan calon sangat dinanti oleh khalayak, namun untuk saat ini kegiatan tersebut akan berbeda dari sebelumnya. Pandemi Covid-19, telah mengubah tatanan yang biasa dilakukan, namun acara tersebut harus tetap berjalan. Komisi Pemilihan Umum (KPU) telah mengatur sesuai dengan kondisi atau kejadian nonalam yang belum dinyatakan berakhir ini.
 
Debat publik yang diselenggarakan di dalam studio lembaga penyiaran publik atau lembaga penyiaran swasta atau di tempat lainnya yang disiarkan secara langsung hanya boleh dihadiri oleh: pasangan calon, 2 orang perwakilan Bawaslu provinsi atau Bawaslu kabupaten/kota sesuai dengan tingkatannya, 4 orang tim kampanye pasangan calon dan 7 atau 5 orang anggota KPU provinsi, atau 5 orang anggota KPU kabupaten/kota dengan wajib menerapkan protokol kesehatan Covid-19. Debat publik atau debat terbuka, dapat disiarkan secara tunda oleh lembaga penyiaran publik atau lembaga penyiaran swasta, apabila siaran langsung tidak dapat dilakukan.
 
Sesuai PKPU 13 Tahun 2020 Pasal 59 poin (f), Komisi Pemilihan Umum (KPU) juga telah menyusun dan menyiapkan materi debat publik atau debat terbuka pada pemilihan serentak lanjutan dalam kondisi Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) berupa visi dan misi pasangan calon dalam rangka:
 
1. Meningkatkan kesejahteraan masyarakat;
2. Memajukan daerah;
3. Meningkatkan pelayanan kepada masyarakat;
4. Menyelesaikan persoalan daerah;
5. Menyerasikan pelaksanaan pembangunan daerah kabupaten/kota dan provinsi dengan nasional;
6. Memperkokoh Negara Kesatuan Republik Indonesia dan kebangsaan.
 
Selain materi tersebut di atas, juga harus memuat materi tentang kebijakan dan strategi penanganan pencegahan dan pengendalian Covid-19. Debat publik atau debat terbuka pasangan calon merupakan salah satu suguhan dari metode kampanye.
 
Unjuk kemampuan
Debat publik atau debat terbuka pasangan calon kepala daerah menjadi momentum nobar (nonton bareng) bagi masyarakat untuk dapat melihat, mendengar, dan bahkan merasakan langsung para calon pemimpin tertinggi di daerah dalam menggagas, merumuskan, dan memvisikan daerah lima tahun ke depan sesuai materi yang telah di tetapkan oleh KPU.
 
Jika terdapat petahana, tentunya membeberkan prestasi apa yang telah, sedang, dan akan dilakukan. Begitu juga penantang yang baru turun gelanggang di pemilihan, menyuarakan keprihatinan di masyarakat dan menawarkan perubahan yang akan dilakukan.
 
Debat merupakan diskusi formal tentang sebuah persoalan dengan mengetengahkan pendapat yang berbeda. Dalam debat yang diselenggarakan oleh KPU provinsi, dan KPU kabupaten/kota sudah tampak para pasangan calon sama-sama berargumen tentang tema terkait dengan saling sindir hingga terang-terangan menunjukan ketidaksetujuan atas paparan antar paslon.
 
Debat publik yang diselenggarakan oleh KPU di masing-masing daerah yang melibatkan para pasangan calon merupakan langkah maju dalam berdemokrasi. Karena, demokrasi sejatinya, adalah perdebatan, karena dalam perdebatan akan tergali dan tertemukan apa yang hendak kita lakukan sebagai warga masyarakat lima tahun ke depan.
 
Dalam debat juga akan terlihat orisinalitas para pasangan calon dalam mengemukakan pandangan dan gagasannya, sehingga masyarakat yang sedang menonton akan dapat menentukan pilihan bagi mereka yang masih ragu dan galau atau lebih yakin lagi atas preferensi pilihan awal. Lagi pula, budaya debat publik bagi para pejabat publik adalah keharusan atau wajib. Kenapa?
 
Dengan perdebatan yang tajam atas isu tertentu, masyarakat sejatinya disuguhi ide, visi dan misi, sehingga tak salah lagi memilih calon kepala daerah. Dalam perdebatan juga akan teruji nantinya mana pihak yang menggunakan fakta dan mana yang mengada-ada atau berhalusinasi. Karena, argumen mereka akan diuji oleh ketajaman berpikir para pemilih, yakni masyarakat sebagai juri dalam pertandingan debat itu dengan cara memilih.
 
Debat di muka umum antar pasangan calon dilakukan untuk beradu argumen atau cara pandang dalam menyampaikan program-programnya secara utuh. Tentu saja setiap peserta debat harus siap menjawab atau menanggapi pertanyaan dari para panelis. Dan, perdebatan akan semakin hidup ketika memasuki sesi tanya-jawab di antara para pasangan calon yang menjadi pesaing dalam pertarungan pemilihan kepala daerah ini.
 
Pemilihan kepala daerah tinggal beberapa hari lagi, tepatnya hari Rabu tanggal 9 Desember 2020. Kini, tinggal para pemilih menentukan dan mencermati/menganalisis debat tersebut, sebagai preferensi dalam memantapkan pilihan. Ingat, demokrasi adalah beda dan beda itu bukanlah musuh, karena kita bersaudara. (*)

Post Terkait

  • Data Akurat untuk Indonesia Sehat
    Tanggal : 2021-02-09 20:00:00

    Meskipun pelaksanaan Pemilihan Serentak telah usai, namun kisah tentang lika-liku selama pelaksanaan tahapan masih menarik untuk diperbincangkan ...Selengkapnya...


  • Kilas Balik Pemilihan 2020
    Tanggal : 2021-01-29 21:02:05

    UUD 1945 Pasal 22E Ayat 5 menjelaskan, “Pemilihan Umum diselenggarakan oleh suatu komisi pemilihan umum yang bersifat nasional, tetap dan mandiri.” Oleh karena itu, penyelenggara pemilihan umum haruslah suatu komisi yang bersifat: nasional, tetap, mandiri/independen. ...Selengkapnya...


  • Mekanisme PAW Anggota Dewan
    Tanggal : 2021-01-23 14:04:54

    Penggantian Antarwaktu (PAW), adalah mekanisme ketika ada salah seorang anggota DPRD, bupati dan wakil bupati, gubernur dan wakil gubernur berhalangan tetap dalam perjalanan kepemimpinannya. ...Selengkapnya...


  • Pemilihan Usai Korona Masih Mengancam
    Tanggal : 2021-01-11 18:13:20

    Menulis tentang pemilihan sepertinya tidak akan pernah ada habisnya, selain menarik dibahas dan diamati kebetulan penulis juga merupakan salah satu Anggota KPU ...Selengkapnya...


  • Catatan di Penghujung Tahun 2020
    Tanggal : 2020-12-28 22:05:07

    Tak terasa waktu begitu cepat berlalu hari demi hari, bulan ke bulan, hingga sampailah di penghujung tahun. Bagi setiap individu, lembaga, institusi, atau sebutan lain, sudah tentu mempunyai catatan yang terangkum selama setahun. ...Selengkapnya...


Statistik Pengunjung
Link KPU Daerah
KIP Aceh
http://kip.acehprov.go.id/
KPU Provinsi Sumatera Utara
http://kpud-sumutprov.go.id/
KPU Provinsi Sumatra Barat
http://sumbar.kpu.go.id
KPU Provinsi Riau
http://riau.kpu.go.id/
KPU Provinsi Sumatera Selatan
http://sumsel.kpu.go.id/
KPU Provinsi Lampung
http://lampung.kpu.go.id
KPU Provinsi Kep. Babel
http://kpu-babelprov.go.id/
KPU Provinsi Kepri
http://kepri.kpu.go.id/
KPU DKI Jakarta
http://kpujakarta.go.id
KPU Provinsi Jawa Barat
http://jabar.kpu.go.id/
KPU Provinsi Jawa Tengah
http://jateng.kpu.go.id/
KPU Provinsi Jawa Timur
http://kpujatim.go.id/
KPU Provinsi Banten
http://kpu-bantenprov.go.id/
KPU Provinsi Bali
http://bali.kpu.go.id/
KPU Provinsi NTB
http://kpud-ntbprov.go.id/
KPU Provinsi NTT
http://ntt.kpu.go.id/
KPU Provinsi Kalbar
http://kalbar.kpu.go.id
KPU Provinsi Kalteng
http://kpu-kaltengprov.go.id/
KPU Provinsi Kalsel
http://kalsel.kpu.go.id/
KPU Provinsi Kaltim
http://kaltim.kpu.go.id/
KPU Provinsi Sulawesi Tenggara
http://sultra.kpu.go.id/
KPU Provinsi Sulawesi Tengah
http://sulteng.kpu.go.id/
KPU Provinsi Sulawesi Selatan
http://sulsel.kpu.go.id/
KPU Provinsi Sulawesi Utara
http://www.kpu-sulutprov.go.id/
KPU Provinsi Gorontalo
http://gorontalo.kpu.go.id/
KPU Provinsi Sulawesi Barat
http://kpu-sulbarprov.go.id/
KPU Provinsi Maluku
http://kpu-malukuprov.go.id/
KPU Provinsi Maluku Utara
http://malut.kpu.go.id/
KPU DIY
http://diy.kpu.go.id/
KPU Provinsi Bengkulu
http://bengkulu.kpu.go.id
KPU Provinsi Jambi
http://jambi.kpu.go.id/
KPU Provinsi Papua Barat
http://kpu-papuabaratprov.go.id/
KPU Provinsi Papua
http://kpu-papuaprov.go.id/
KPU Provinsi Kalimantan Utara
http://kaltara.kpu.go.id/

Selengkapnya...