• Sukseskan Pemilihan Serentak 2020 di 9 Provinsi 224 Kabupaten 37 Kota

Belajar Pemilu dengan Riang di RPP Poci

Tanggal : 13 Nov 2019 15:00:00 • Penulis : admin • Dibaca : 17430 x

oleh: Lis Herawati

Anggota KPU Kota Tegal Divisi Teknis Penyelenggaraan

Meski tahapan pemilu telah berlalu, sosialisasi dan pendidikan pemilih dilakukan Komisi Pemilihan Umum (KPU) sepanjang waktu. Seperti yang dilakukan KPU Kota Tegal, lewat RPP Pojok Catatan dan Informasi (Poci) Pemilu, sosialisasi terus diberikan ke berbagai segmen masyarakat termasuk pendidikan kepada pemilih pemula dan pra pemilih. 

Di RPP Poci disajikan informasi tentang sejarah pemilu, hasil pemilu dari waktu ke waktu, ruang audio visual, maket TPS.

Di bulan November ini RPP Poci melaksanakan kegiatan audiensi menyasar pemilih pemula dengan menyapa mahasiswa, pelajar SMA dan untuk pra pemilih kepada pelajar SMP, SD bahkan TK, kelompok bermain dan pos paud.

Yang terakhir RPP beraudiensi dengan dosen dan mahasiswa Fakultas Hukum Universitas Pancasakti Tegal pada Rabu, 13 November 2019.

Seminggu sebelumnya RPP justru yang kedatangan anak didik beserta wali murid dan guru dari TK Pertiwi 25.3, Kelompok Bermain Prima Universal, Pos Paud Tunas Mutiara, Pos paud Mawar Merah, Pos Paud Dewi Sartika, Pos Paud Nusa Indah, Pos Paud Seruni.

Kegiatan satu setengah jam diisi dengan bermain, bernyanyi serta penayangan gambar presiden, gubernur dan walikota hasil Pemilihan 2018 serta Pemilu 2019.

Saat kami tanyakan siapa Presiden Kita Sekarang ada yang menjawab : Bapak Jokowi, Bapak Prabowo bahkan ada yang menjawab bapak Joko Wibowo. Saat kami menanyakan siapa Gubernur Jawa Tengah banyak yang tidak tahu dan saat menanyakan siapa walikota kita, ada yang bisa menjawab banyak juga yang masih belum tahu.

Saat kita tanyakan  apa itu KPU ? serempak mereka menjawab  Coblos…….. dengan mimik wajah yang polos. Setidaknya itu bukti bahwa KPU sering melaksanakan sosialisasi sehingga masyarakat sedikit paham dengan lembaga kita yang melaksanakan pemilu.
Ada juga Kegiatan mewarnai gambar kegiatan di TPS yaitu mewarnai gambar aktifitas pemilih di bilik suara, dengan mengenalkan alat coblos dan surat suara serta kotak suara, diakhir acara pemberian doorprice untuk anak didik yang mewarnai gambarnya bagus dan melatih keberanian mereka dengan meminta mereka maju untuk menghapal Pancasila beserta gambar dari masing masing sila dalam Pancasila.
Di akhir acara di beri oleh oleh berupa tiruan surat suara pasangan calon Presiden dan Wakil Presiden untuk tahun 2050 yang berisi foto peserta didik PAUD  yang  kita dokumentasikan  saat awal kedatangan mereka. Dari Kesan dan Pesan Pendidik PAUD mereka terkesan dan baru pertama kalinya di beri kegiatan yang mengenalkan tentang Pemilu bagi anak PAUD, Pendidik dan Wali murid dan meminta agar kegiatan tersebut berlanjut untuk PAUD yang lain di Kota Tegal.

Kegiatan Rumah Pintar Pemilu menjadi sesuatu yang mengasyikan buat komisioner dan masyarakat karena materi yang kami sampaikan bisa di terima dengan bermain dan belajar serta informasi bisa lebih efektif sampai ke mereka.

Dari sini kita bisa memaknai untuk sosialisasi bisa dibuat riang agar informasi tentang pemilu sampai ke masyarakat dan membuat mereka  lebih aktif dalam proses pemilu untuk perbaikan kepemiluan selanjutnya. (*) 


Post Terkait

  • Catatan Kecil Diawal 2020
    Tanggal : 2020-01-16 12:00:00

    Tahun 2020 merupakan tahun politik, tahun diselenggarakannya Pemilihan Serentak di 270 daerah di Indonesia. Pada fase ini situasi politik sangat dipengaruhi oleh dinamika yang terjadi. Dinamika yang pada umumnya akan ...Selengkapnya...


  • Mengawal Demokrasi pada Pemilihan 2020
    Tanggal : 2020-01-08 16:00:00

    Memasuki Tahun 2020 sebanyak 9 provinsi, 37 kota, dan 224 kabupaten mulai disibukkan dengan pehelatan Pemilihan Kepala Daerah. Sesuai Undang-undang (UU) 10 Tahun 2016 Pasal 201 ayat 6 disebutkan bahwa ...Selengkapnya...


  • Warteg, Potensi dan Partisipasi Politik
    Tanggal : 2019-12-23 15:44:46

    Perhelatan akbar nasional Pemilu Serentak 2019 telah usai dilaksanakan. Hasilnya sudah sama-sama diketahui dan sudah diputuskan. Bahkan pemenangnya, baik Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden, Pemilihan DPR RI, Pemilihan DPRD Jawa Tengah ...Selengkapnya...


  • Perempuan Berdaya: Memaknai Hari Ibu
    Tanggal : 2019-12-20 19:00:00

    Di Indonesia, setiap 22 Desember diperingati sebagai Hari Ibu. Momen ini pertama kali diperingati pada 1938, dilandasi oleh kesepakatan peserta Kongres Perempuan III di Bandung, 22-27 Juli 1938 yang didasarkan pada momen bersejarah ...Selengkapnya...


  • Bangun Kesadaran Politik Masyarakat Melalui Pendidikan Pemilih Berkelanjutan
    Tanggal : 2019-12-12 15:00:00

    Partisipasi pemilih dalam setiap pemilu maupun pemilihan selalu menjadi diskursus yang menarik untuk dikaji. Partisipasi masyarakat sebagai pengejawantahan kedaulatan rakyat adalah suatu hal yang sangat fundamental dalam proses demokrasi. ...Selengkapnya...


Statistik Pengunjung
Link KPU Daerah
KIP Aceh
http://kip.acehprov.go.id/
KPU Provinsi Sumatera Utara
http://kpud-sumutprov.go.id/
KPU Provinsi Sumatra Barat
http://sumbar.kpu.go.id
KPU Provinsi Riau
http://riau.kpu.go.id/
KPU Provinsi Sumatera Selatan
http://sumsel.kpu.go.id/
KPU Provinsi Lampung
http://lampung.kpu.go.id
KPU Provinsi Kep. Babel
http://kpu-babelprov.go.id/
KPU Provinsi Kepri
http://kepri.kpu.go.id/
KPU DKI Jakarta
http://kpujakarta.go.id
KPU Provinsi Jawa Barat
http://jabar.kpu.go.id/
KPU Provinsi Jawa Tengah
http://jateng.kpu.go.id/
KPU Provinsi Jawa Timur
http://kpujatim.go.id/
KPU Provinsi Banten
http://kpu-bantenprov.go.id/
KPU Provinsi Bali
http://bali.kpu.go.id/
KPU Provinsi NTB
http://kpud-ntbprov.go.id/
KPU Provinsi NTT
http://ntt.kpu.go.id/
KPU Provinsi Kalbar
http://kalbar.kpu.go.id
KPU Provinsi Kalteng
http://kpu-kaltengprov.go.id/
KPU Provinsi Kalsel
http://kalsel.kpu.go.id/
KPU Provinsi Kaltim
http://kaltim.kpu.go.id/
KPU Provinsi Sulawesi Tenggara
http://sultra.kpu.go.id/
KPU Provinsi Sulawesi Tengah
http://sulteng.kpu.go.id/
KPU Provinsi Sulawesi Selatan
http://sulsel.kpu.go.id/
KPU Provinsi Sulawesi Utara
http://www.kpu-sulutprov.go.id/
KPU Provinsi Gorontalo
http://gorontalo.kpu.go.id/
KPU Provinsi Sulawesi Barat
http://kpu-sulbarprov.go.id/
KPU Provinsi Maluku
http://kpu-malukuprov.go.id/
KPU Provinsi Maluku Utara
http://malut.kpu.go.id/
KPU DIY
http://diy.kpu.go.id/
KPU Provinsi Bengkulu
http://bengkulu.kpu.go.id
KPU Provinsi Jambi
http://kpud-jambiprov.go.id/
KPU Provinsi Papua Barat
http://kpu-papuabaratprov.go.id/
KPU Provinsi Papua
http://kpu-papuaprov.go.id/
KPU Provinsi Kalimantan Utara
http://kaltara.kpu.go.id/

Selengkapnya...