• Sukseskan Pemilihan Serentak 2020 di 9 Provinsi 224 Kabupaten 37 Kota

KPU Raih Penghargaan Anggota JDIHN Terbaik 2019

Tanggal : 10 Sep 2019 14:17:00 • Penulis : admin • Dibaca : 767 x

Jakarta, kpu.go.id - Komisi Pemilihan Umum (KPU) berhasil meraih predikat Anggota Jaringan Dokumentasi dan Informasi Hukum Nasional (JDIHN) Terbaik kategori Tingkat Lembaga Non Struktural 2019 pada JDIHN Award 2019, Selasa (10/9/2019). Penghargaan yang diinisiasi Kementerian Hukum dan Ham (Kemenkumham) ini diberikan atas penilaian pengelolaan JDIH KPU yang dianggap terbaik.

Ketua KPU RI Arief Budiman bersyukur dengan apresiasi yang diberikan Kemenkumham atas kinerja JDIH KPU. Menurut dia sudah menjadi prinsip penyelenggara pemilu untuk berinovasi, bekerja cepat dan transparan agar kerja kepemiluan bisa dirasakan masyarakat. "Mengingatkan inovasi, kecepatan dan penyediaan  informasi sangat penting di era sekarang dan bagi KPU sendiri menjadi sangat krusial karena untuk membangun kepercayaan publik terhadap pemilu kita salah satunya melalui transparansi informasi dan akuntabilitas," kata Arief saat ditemui usai menerima penghargaan. 
 
Menurut Arief melalui sistem informasi yang dibuat KPU, publik selama ini sangat terbantu dalam memenuhi kebutuhan  informasi. Dan khusus JDIH KPU, yang disebutnya juga rutin menerbitkan keputusan-keputusan maupun peraturan. "Jadi tidak ada lagi kesulitan dalam mengakses informasi kapanpun dan dimanapun. Cepat, mudah dan up to date," lanjut Arief.
 
Arief pun merespon sambutan Menkumham Yasonna H Laoly yang mengaku terbantu dengan sistem informasi yang dimiliki KPU. Terutama pasca Pemilu 2019 dimana setiap partai, calon maupun masyarakat membutuhkan informasi yang cepat dan akurat. "Situng kemarin salah satu bentuk akuntabilitas KPU dalam memberikan transparansi informasi dimana contohnya pak menteri dapat melihat langsung hasil suara yang didapatnya. Kedepannya semoga kementerian dan lembaga publik dapat memberikan informasi publik yang cepat, mudah dan transparansi sesuai dengan tugas dan kepentingan masing-masing," tutup Arief.
 
Sebelumnya dalam sambutan, Yasonna berulang kali menyampaikan apresiasi kepada KPU yang disebutnya sukses membangun sistem informasi yang bermanfaat bagi masyarakat. Selain JDIH, Situng disebutnya membantu dalam memberikan informasi cepat dan akurat bagi publik.
 
Yasonna melanjutkan bahwa sistem seperti yang dimiliki KPU tentu tahan uji karena informasi yang disajikan penting dan berdampak pada demokrasi. "Salah informasi salah mengambil keputusan. Itu sebabnya informasi yang disampaikan pada momen penting itu pasti tahan uji KPU itu berdampak pada demokrasi," tutup Yasonna.
 
JDIHN Award 2019 sendiri ada 10 kategori. Selain Tingkat Lembaga Non Struktural, kategori lain Tingkat Kementerian, Tingkat Lembaga Negara, Tingkat Lembaga Pemerintah Non Kementerian, Tingkat Pemerintah Provinsi, Tingkat Biro Hukum Pemerintah Provinsi, Tingkat Bagian Hukum Pemerintah Kabupaten, Tingkat Bagian Hukum Pemerintah Kota, Tingkat Sekretariat DPRD, Tingkat Perpustakaan Hukum. 

 

 
KPU Ramaikan JDIHN Expo 2019
Sementara itu dikesempatan yang sama jajaran Biro Hukum Setjen KPU RI ikut meramaikan JDIHN Expo 2019. Pameran yang diikuti kementerian, lembaga serta pemerintah daerah (provinsi dan kabupaten/kota) ini jadi ajang unjuk kelebihan sistem JDIH masing-masing instansi.  
 
KPU RI sendiri hadir dengan JDIH yang sangat memudahkan masyarakat karena tidak hanya tersedia di laman jdih.kpu.go.id tapi publik juga bisa mengunduh melalui aplikasi android playstore. 
 
Pengunjung yang datang ke stan milik KPU pun cukup banyak. Selain mendapat pengetahuan mengenai seluk beluk JDIH KPU, mereka juga diajak untuk paham dengan games yang mendidik. (hupmas kpu ri dianR-dessy/foto: dianR/ed diR)

Post Terkait

  • Sekretaris KPU se-Indonesia Siap Sukseskan Pemilihan 2020
    Tanggal : 2019-09-22 19:00:00

    Hari kedua rangkaian kegiatan Konsolidasi Nasional Sekretaris KPU se-Indonesia di Hotel Mercury Jakarta, peserta yang merupakan para sekretaris KPU provinsi, kabupaten/kota selesai menyusun Daftar Inventarisasi Masalah (DIM) lengkap dengan rekomendasinya. ...Selengkapnya...


  • Refleksi Kinerja untuk Mendapatkan Sesuatu yang Baru
    Tanggal : 2019-09-22 11:35:00

    ...momentum Pemilihan Serentak 2020 sebagai penegasan kesuksesan yang telah ditorehkan pada Pemilu 2019 lalu. "Oleh karena itu kita semua berharap kinerja yang baik dari bapak/ibu semua semoga terjaga. Syukur dapat ditingkatkan di Pemilihan 2020," lanjut Wahyu. ...Selengkapnya...


  • Leader Harus Punya Wawasan Jauh ke Depan
    Tanggal : 2019-09-22 11:26:00

    "Terkait WTP, pertama kali KPU meraih WTP di tahun 2017, tetapi menurun di 2018 hanya WDP. Dari 86 kementerian/lembaga, hanya ada 5 yang meraih WDP di tahun 2018, termasuk KPU, sehingga WTP bukan prestasi lagi, tetapi kewajiban, dan kita harus bisa meraihnya di tahun 2019," tegas Pramono ...Selengkapnya...


  • DPT Harus Tuntas Jelang Pemilihan 2020
    Tanggal : 2019-09-22 11:17:00

    Oleh karena itu sebelum ditetapkan, Viryan berharap data yang disajikan valid dan tidak menimbulkan persoalan dikemudian hari. "Terkait dengan penetapan DPT, diharapkan tidak berulang-ulang. Semua data pemilih jangan ada selisih satu orang pun," ujar Viryan. ...Selengkapnya...


  • Antisipasi Potensi Masalah Hukum di Pemilihan 2020
    Tanggal : 2019-09-22 09:08:00

    Adapun langkah antisipatif yang dapat dilakukan jajaran seperti meningkatkan kembali pemahaman terkait aturan kepemiluan dengan membaca kembali PKPU maupun UU yang berkaitan dengan pemilihan. ...Selengkapnya...


Statistik Pengunjung
Link KPU Daerah
KIP Aceh
http://kip.acehprov.go.id/
KPU Provinsi Sumatera Utara
http://kpud-sumutprov.go.id/
KPU Provinsi Sumatra Barat
http://sumbar.kpu.go.id
KPU Provinsi Riau
http://kpu-riauprov.go.id/
KPU Provinsi Sumatera Selatan
http://sumsel.kpu.go.id/
KPU Provinsi Lampung
http://lampung.kpu.go.id
KPU Provinsi Kep. Babel
http://kpu-babelprov.go.id/
KPU Provinsi Kepri
http://kepri.kpu.go.id/
KPU DKI Jakarta
http://kpujakarta.go.id
KPU Provinsi Jawa Barat
http://jabar.kpu.go.id/
KPU Provinsi Jawa Tengah
http://jateng.kpu.go.id/
KPU Provinsi Jawa Timur
http://kpujatim.go.id/
KPU Provinsi Banten
http://kpu-bantenprov.go.id/
KPU Provinsi Bali
http://bali.kpu.go.id/
KPU Provinsi NTB
http://kpud-ntbprov.go.id/
KPU Provinsi NTT
http://ntt.kpu.go.id/
KPU Provinsi Kalbar
http://kalbar.kpu.go.id
KPU Provinsi Kalteng
http://kpu-kaltengprov.go.id/
KPU Provinsi Kalsel
http://kalsel.kpu.go.id/
KPU Provinsi Kaltim
http://kaltim.kpu.go.id/
KPU Provinsi Sulawesi Tenggara
http://sultra.kpu.go.id/
KPU Provinsi Sulawesi Tengah
http://sulteng.kpu.go.id/
KPU Provinsi Sulawesi Selatan
http://sulsel.kpu.go.id/
KPU Provinsi Sulawesi Utara
http://www.kpu-sulutprov.go.id/
KPU Provinsi Gorontalo
http://gorontalo.kpu.go.id/
KPU Provinsi Sulawesi Barat
http://kpu-sulbarprov.go.id/
KPU Provinsi Maluku
http://kpu-malukuprov.go.id/
KPU Provinsi Maluku Utara
http://malut.kpu.go.id/
KPU DIY
http://diy.kpu.go.id/
KPU Provinsi Bengkulu
http://bengkulu.kpu.go.id
KPU Provinsi Jambi
http://kpud-jambiprov.go.id/
KPU Provinsi Papua Barat
http://kpu-papuabaratprov.go.id/
KPU Provinsi Papua
http://kpu-papuaprov.go.id/
KPU Provinsi Kalimantan Utara
http://kaltara.kpu.go.id/

Selengkapnya...