• Sukseskan Pemilihan Serentak 2020 di 9 Provinsi 224 Kabupaten 37 Kota

KPU Kota Solok Gelar Bimtek Relawan Demokrasi

Tanggal : 05 Mar 2014 04:00:00 • Penulis : admin • Dibaca : 4932 x

Solok, kpu.go.id- Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Solok menggelar Bimtek Relawan Demokrasi (Relasi) di Cotage Aie Angek, Padang Panjang, Selasa, (4/3). Hadir dalam acara itu Ketua KPU Provinsi Sumatera Barat, Amnasmen, Komisioner KPU Kota Solok, Sekretaris dan Staf Sekretariat KPU Kota Solok, dan seluruh Relawan Demokrasi (Relasi) sebanyak 25 orang.

Keberadaan program Relasi dilatarbelakangi oleh partisipasi pemilih yang cenderung menurun. Indikasi penurunan tersebut ditunjukan dari data tiga pemilu nasional terakhir serta pelaksanaan pemilukada di berbagai daerah. Pada Pemilu 1999 partisipasi pemilih tercatat sebanyak 92%. Pada pemilu 2004 persentase itu menurun menjadi 84% dan pada Pemilu 2009 menjadi 71%.

Kenyataan tersebut tentu menjadi salah-satu tantangan yang dihadapi KPU, dalam upaya untuk mewujudkan kesuksesan Pemilu 2014. Oleh karena itu, Sekretaris KPU Kota Solok, Alizar dalam laporannya menyampaikan, pihaknya telah memulai program Relasi ini sejak November 2013 sampai sekarang. Keberadaan Relasi diharapkan bisa menjadi gerakan sosial untuk meningkatkan partisipasi pemilih Pemilu 2014.

Jumlah Relasi yang bertugas membantu menyampaikan informasi tahapan penyelenggaraan Pemilu 2014 di Kota Solok adalah sebanyak 25 orang. Program ini diharapkan mampu menumbuhkan kembali kesadaran positif terhadap pentingnya pemilu dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Pada akhirnya ini dapat  menggerakan masyarakat, agar mau menggunakan hak pilihnya dengan bijaksana serta penuh tanggungjawab. Sehingga partisipasi pemilih dan kualitas Pemilu 2014 dapat lebih baik dibandingkan pemilu-pemilu sebelumnya.

Dalam sambutanya, Ketua KPU Kota Solok, Budi Santosa menyampaikan, tugas Relasi yang penting antara lain, meningkatkan kualitas proses pemilu, meningkatkan partisipasi pemilih, meningkatkan kepercayaan publik terhadap proses demokrasi, dan membangkitkan kesukarelaan masyarakat sipil dalam agenda pemilu dan demokratisasi.
 
Sementara itu, Ketua KPU Provinsi Sumatera Barat, Amnasmen, pada kesempatan yang sama pula menyatakan bahwa hari ini sangat berbangga karena dapat hadir di “Rumah Puisi Taufik Ismail”, sebuah tempat yang memiliki potret sejarah penting dalam perjalanan Bangsa dan  Negara Republik Indonesia.
 
Amnasmen juga mengungkapkan, demokrasi merupakan bentuk atau mekanisme sistem pemerintahan suatu negara sebagai upaya mewujudkan kedaulatan rakyat (kekuasaan warga negara) atas negara untuk dijalankan oleh pemerintah/negara. Salah satu pilar demokrasi adalah prinsip trias politica yang membagi ketiga kekuasaan politik negara (eksekutif, yudikatif dan legislatif) untuk diwujudkan dalam tiga jenis lembaga negara yang saling lepas (independen) dan berada dalam peringkat yg sejajar satu sama lain.
 
Ia mengajak Relasi untuk terus berupaya mendorong masyarakat untuk bisa menjadi pemilih yang cerdas dan berkualitas. Pemilu bersih itu pemilu yang tanpa money politic, suap, bantuan sosial, dan penggunaan fasilitas negara. Kalau bisa keluar dari itu semua, pemilu bisa berjalan dengan baik dan menghasilkan pemimpin yang bagus, sekaligus pemimpin yang anti korupsi. Selain itu, peserta pemilu juga harus mempunyai andil dalam pemilu yang berintegritas, bukan malah menjadi penyebab, misalnya suap, korupsi dan money politic.
 
“Memilih pemimpin itu harus yang bersih, karena pemimpin itu nantinya yang akan mengelola keuangan yang jumlahnya besar, sehingga berpartisipasi tidak hanya pada waktu pemilu, tetapi juga pasca pemilu dan mengawal hasil pemilu,” himbau Amnasmen.

Ia menambahkan, semangat untuk menyukseskan Pemilu 2014 harus terus dikobarkan kepada seluruh masyarakat Kota Solok, sehingga partisipasi pemilih lebih tinggi dari pemilu sebelumnya yaitu 70%, dan dapat mencapai 80-90%. (FOTO KPU/khori/hupmas. teks/budi)


Post Terkait

Statistik Pengunjung
Link KPU Daerah
KIP Aceh
http://kip.acehprov.go.id/
KPU Provinsi Sumatera Utara
http://kpud-sumutprov.go.id/
KPU Provinsi Sumatra Barat
http://sumbar.kpu.go.id
KPU Provinsi Riau
http://riau.kpu.go.id/
KPU Provinsi Sumatera Selatan
http://sumsel.kpu.go.id/
KPU Provinsi Lampung
http://lampung.kpu.go.id
KPU Provinsi Kep. Babel
http://kpu-babelprov.go.id/
KPU Provinsi Kepri
http://kepri.kpu.go.id/
KPU DKI Jakarta
http://kpujakarta.go.id
KPU Provinsi Jawa Barat
http://jabar.kpu.go.id/
KPU Provinsi Jawa Tengah
http://jateng.kpu.go.id/
KPU Provinsi Jawa Timur
http://kpujatim.go.id/
KPU Provinsi Banten
http://kpu-bantenprov.go.id/
KPU Provinsi Bali
http://bali.kpu.go.id/
KPU Provinsi NTB
http://kpud-ntbprov.go.id/
KPU Provinsi NTT
http://ntt.kpu.go.id/
KPU Provinsi Kalbar
http://kalbar.kpu.go.id
KPU Provinsi Kalteng
http://kpu-kaltengprov.go.id/
KPU Provinsi Kalsel
http://kalsel.kpu.go.id/
KPU Provinsi Kaltim
http://kaltim.kpu.go.id/
KPU Provinsi Sulawesi Tenggara
http://sultra.kpu.go.id/
KPU Provinsi Sulawesi Tengah
http://sulteng.kpu.go.id/
KPU Provinsi Sulawesi Selatan
http://sulsel.kpu.go.id/
KPU Provinsi Sulawesi Utara
http://www.kpu-sulutprov.go.id/
KPU Provinsi Gorontalo
http://gorontalo.kpu.go.id/
KPU Provinsi Sulawesi Barat
http://kpu-sulbarprov.go.id/
KPU Provinsi Maluku
http://kpu-malukuprov.go.id/
KPU Provinsi Maluku Utara
http://malut.kpu.go.id/
KPU DIY
http://diy.kpu.go.id/
KPU Provinsi Bengkulu
http://bengkulu.kpu.go.id
KPU Provinsi Jambi
http://kpud-jambiprov.go.id/
KPU Provinsi Papua Barat
http://kpu-papuabaratprov.go.id/
KPU Provinsi Papua
http://kpu-papuaprov.go.id/
KPU Provinsi Kalimantan Utara
http://kaltara.kpu.go.id/

Selengkapnya...