• Sukseskan Pemilihan Serentak 2020 di 9 Provinsi 224 Kabupaten 37 Kota

Pemilu, Pemilihan untuk Semua

Tanggal : 07 Mar 2020 19:00:00 • Penulis : admin • Dibaca : 4058 x

oleh : Nimatullah

Ketua KPU Kabupaten Lebak – Banten

Jauh sebelum kita mengenal demokrasi, Aristoteles kurang lebih 3 abad SM telah menyampaikan pentingnya sebuah bangsa dapat menyejahterakan rakyatnya. Pemikiran ini kemudian dilanjutkan dan diterjemahkan lebih dalam lagi oleh Plato dan Socrates, sebagai sebuah konsep yang kurang lebih sama dengna yang kita kenal saat ini dengan istilah demokrasi.

Demokrasi menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) adalah 1. Bentuk atau sistem pemerintahan yang seluruh rakyatnya turut serta memerintah dengan perantaraan wakilnya; pemerintahan rakyat. 2. Gagasan atau pandangan hidup yang mengutamakan persamaan hak dan kewajiban serta perlakuan yang sama bagi semua warga negara. Atau yang lebih kita kenal selama ini dengan semboyan pemerintahan dari rakyat oleh rakyat dan untuk rakyat. Saat ini sistem demokrasi hampir dianut oleh seluruh negara.

Indonesia secara khusus memaknai demokrasi dengan istilah kerakyatan dimana nilai-nilai kearifan lokal yang telah terinternalisasi di masyarakat Indonesia, lewat suatu proses panjang perkembangan budaya dan sejarah yang tercipta, dan pemilihan umum adalah salah satu proses dari pengejewantahan demokrasi.

Pemilu Indonesia

Dimulai sejak Pemilu 1955, pemilu orde baru mulai tahun 1971, 1977, 1982, 1987, 1992, 1997 sampai dengan Pemilu 1999, Indonesia menggunakan sistem pemilu proporsional daftar calon tertutup. Berlanjut tahun 2004, 2009, 2014, 2019 menggunakan sistem yang berbeda dengan pemilihan sebelumnya yaitu pemilu campuran daftar calon terbuka. Dan untuk pertama kalinya di tahun 2004 pemilihan presiden dan wakil presiden tidak dipilih oleh MPR, melainkan dipilih langsung oleh rakyat. Pemilihan presiden secara langsung dilakukan setelah amandemen keempat UUD 1945. Sistem pemilu yang berubah ini memberi efek teknis yang berbeda dengan sebelumnya kepada KPU, mulai dari daerah pemilihan, bagaimana cara pemberian suara sah dan tidak sah sampai dengan pengadaan logistik penting pemilu seperti bilik suara dan surat suara.

Pemilu Tahun 2019

Belum genap satu tahun Pemilu Serentak 2019 kita lewati dan untuk pertama kalinya pemilu (yang konon katanya) terumit didunia, dengan penggabungan Pemilu Presiden dan Wakil Presiden Pemilu Anggota DPR, DPD, DPRD provinsi dan DPRD kabupaten/kota kita lewati dengan sukses.

Hiruk pikuknya masih terasa dengan jelas diingatan kita. Masa pencoblosan di hari Rabu 17 April 2019, mulai jam 07.00 wib sampai dengan jam 13.00 WIB, dilanjutkan dengan penghitungan perolehan suara di masing-masing Tempat Pemungutan Suara (TPS) jadi pengalaman tak terlupakan. Secara nasional angka partisipasi pemilih sangat tinggi yaitu sebesar 81 persen, padahal target partisipasi pemilih di kisaran 77,5 persen. Ini bisa dimaknai bahwa sesungguhnya masyarakat mulai percaya, sebagai bangsa dan negara mampu menentukan pemimpin secara demokratis lewat saluran pemilihan umum.

Saat ini hasil dari proses Pemilu 2019, presiden-wakil presiden, DPR, DPD, DPRD provinsi, DPRD kabupaten/kota terpilih pun telah dilantik dan menjalankan amanah konstitusinya. Mereka mengemban kepercayaan masyarakat yang tidak kecil, menjadikan bangsa ini semakin maju disetiap lini kehidupan.

Kembali lagi terkait Pemilu 2019, kompleksitasnya terasa sejak teknis pemutakhiran data pemilih yang cukup panjang prosesnya, dilanjutkan distribusi logistik ke lokasi-lokasi terpencil hingga proses penetapan calon terpilih. Dan Alhamdulillah seluruh tahapannya berikut dinamikanya bisa kita lewati bersama dengan sukses.

Pemilihan Serentak 2020

Dan pada 2020, masyarakat kembali disuguhkan pemilihan kepala daerah. Ada 270 daerah yang akan menyelenggarakan pemungutan suara pada Rabu 23 september 2020. Di Provinsi Banten sendiri terdapat 4 kabupaten/kota yang menyelenggarakan pemilihan tahun ini, yaitu Kabupaten Pandeglang, Kabupaten Serang, Kota Cilegon serta Kota Tangerang Selatan. Empat kabupaten/kota lainnya Kabupaten Lebak, Kabupaten Tangerang, Kota Serang dan Kota Tangerang telah melakukan pemilihan kepala daerah sebelumnya.

Berdasarkan PKPU Nomor 15 tahun 2019 tentang Tahapan, Program dan Jadwal Penyelenggaraan Pemilihan Kepala Daerah 2020, disebutkan bahwa tahapan dimulai dari penandatanganan Naskah Perjanjian Hibah Daerah (NPHD) yang merupakan sumber pendanaan untuk penyelenggaraan pemilihan.

Saat ini teman-teman KPU kabupaten/kota sedang menjalankan tahapan pembentukan badan ad hoc (Panitia Pemilihan Kecamatan/PPK dan Panitia Pemungutan Suara/PPS), juga sedang melakukan proses verifikasi administrasi pencalonan kepala daerah jalur perseorangan (apabila ada bakal pasangan calon yang mendaftar). Usai proses itu, KPU melalui PPS akan melakukan verifikasi faktual KTP-el yang telah diserahkan. Kegiatan ini dengan mendatangi langsung pendukung dari rumah ke rumah.

Pemilihan 2020 juga masih mendasarkan penyelenggaraannya pada Undang-undang (UU) Nomor 10 Tahun 2016. Setelahnya masyarakat baru akan bertemu kembali dengan pemilihan serentak nasional di November 2024. Sebagaimana Pasal 201 ayat (8) UU 10 Tahun 2016 yang menyebutkan pemungutan suara serentak nasional dalam pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, serta Walikota dan Wakil Walikota di seluruh wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia dilaksanakan pada bulan November 2024.

Pemilu dan Pemilihan Inklusif

KPU sebagai penyelenggara pemilu dan pemilihan bekerja dengan sungguh-sungguh untuk menghasilkan proses demokrasi yang sejalan dengan keinginan bersama, sebuah proses yang langsung, umum, bebas rahasia, jujur dan adil.

Dengan demikian menjadi sebuah keniscayaan juga bagi KPU untuk menghadirkan pemilu dan pemilihan yang inklusif, dimana pesta demokrasi dapat diikuti oleh semua pihak guna mencapai tujuan menghasilkan pemimpin. Oleh sebab itu KPU perlu menjamin seluruh warga negara dapat menggunakan haknya. Upaya ini dilakukan KPU salah satunya dengan melaksanakan pemutakhirkan daftar pemilih dengan akurasi yang tinggi agar semua warga negara yang memenuhi persyaratan berhak memilih telah terdaftar dan dapat memberikan suaranya, juga pengaturan tempat pemungutan suara yang aman, nyaman dan aksesibel. Aksesibilitas dalam pemilu perlu sangat diperhatikan terutama bagi penyandang difabel supaya dapat berpartisipasi dan menggunakan hak politiknya untuk memilih juga dipilih.

Selain itu juga upaya KPU dalam mengoptimalkan dan mengatur dengan jelas perihal pemungutan suara yang dapat memungkinkan semua ketegori pemilih bisa menggunakan hak pilihnya, seperti orang-orang yang harus tetap bekerja pada hari pemungutan suara dan pasien yang sedang di rawat di rumah sakit. Tidak berlebihan jika rakyat Indonesia berharap kpu sebagai salah satu pemegang otoritas penyelenggaraan pemilu/kada dapat menjaga dan terus menyempurnakan inklusifitas dalam pelaksanaannya.

Wallahu ‘alam bishawab.


Post Terkait

Statistik Pengunjung
Link KPU Daerah
KIP Aceh
http://kip.acehprov.go.id/
KPU Provinsi Sumatera Utara
http://kpud-sumutprov.go.id/
KPU Provinsi Sumatra Barat
http://sumbar.kpu.go.id
KPU Provinsi Riau
http://riau.kpu.go.id/
KPU Provinsi Sumatera Selatan
http://sumsel.kpu.go.id/
KPU Provinsi Lampung
http://lampung.kpu.go.id
KPU Provinsi Kep. Babel
http://kpu-babelprov.go.id/
KPU Provinsi Kepri
http://kepri.kpu.go.id/
KPU DKI Jakarta
http://kpujakarta.go.id
KPU Provinsi Jawa Barat
http://jabar.kpu.go.id/
KPU Provinsi Jawa Tengah
http://jateng.kpu.go.id/
KPU Provinsi Jawa Timur
http://kpujatim.go.id/
KPU Provinsi Banten
http://kpu-bantenprov.go.id/
KPU Provinsi Bali
http://bali.kpu.go.id/
KPU Provinsi NTB
http://kpud-ntbprov.go.id/
KPU Provinsi NTT
http://ntt.kpu.go.id/
KPU Provinsi Kalbar
http://kalbar.kpu.go.id
KPU Provinsi Kalteng
http://kpu-kaltengprov.go.id/
KPU Provinsi Kalsel
http://kalsel.kpu.go.id/
KPU Provinsi Kaltim
http://kaltim.kpu.go.id/
KPU Provinsi Sulawesi Tenggara
http://sultra.kpu.go.id/
KPU Provinsi Sulawesi Tengah
http://sulteng.kpu.go.id/
KPU Provinsi Sulawesi Selatan
http://sulsel.kpu.go.id/
KPU Provinsi Sulawesi Utara
http://www.kpu-sulutprov.go.id/
KPU Provinsi Gorontalo
http://gorontalo.kpu.go.id/
KPU Provinsi Sulawesi Barat
http://kpu-sulbarprov.go.id/
KPU Provinsi Maluku
http://kpu-malukuprov.go.id/
KPU Provinsi Maluku Utara
http://malut.kpu.go.id/
KPU DIY
http://diy.kpu.go.id/
KPU Provinsi Bengkulu
http://bengkulu.kpu.go.id
KPU Provinsi Jambi
http://jambi.kpu.go.id/
KPU Provinsi Papua Barat
http://kpu-papuabaratprov.go.id/
KPU Provinsi Papua
http://kpu-papuaprov.go.id/
KPU Provinsi Kalimantan Utara
http://kaltara.kpu.go.id/

Selengkapnya...