• Sukseskan Pemilihan Serentak 2020 di 9 Provinsi 224 Kabupaten 37 Kota

Serba-Serbi Sosialisasi Pemilu Serentak 2019

Tanggal : 03 Oct 2019 14:00:00 • Penulis : admin • Dibaca : 36296 x

oleh: Sri Nurokhmi S

Anggota KPU Kabupaten Brebes

Pemilu Serentak 2019 telah berlangsung aman, damai dan lancar. Di Kabupaten Brebes pesta demokrasi lima tahunan juga diselenggarakan dengan prinsip langsung, umum, bebas, rahasia, jujur, dan adil.

Suksesnya proses Pemilu 2019 tidak lepas dari sosialisasi dan pendidikan pemilih yang telah dilakukan jauh sebelum hari pemungutan suara. Kita semua ketahui sosialisasi dan pendidikan pemilih adalah bagian penting dalam penyelenggaraan pemilu, mengingat salah satu indikator keberhasilan pemilu adalah partisipasi  masyarakat.

Kabupaten Brebes dengan jumlah DPT 1.528.649 jiwa  (17 kecamatan, 297 desa dan 6180 TPS) pun juga mengedepankan sosialisasi dan pendidikan pemilih ini untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya pemilu. Meski partisipasi pemilih pada Pemilu 2019 lalu hanya 70 persen,  (dibawah target KPU RI), namun kami bersyukur masyarakat Kabupaten Brebes terlihat lebih antusias dan berpartisipasi dalam kegiatan pemilu.

Pendidikan pemilih membuktikan ada peningkatan pengetahuan, pemahaman dan kesadaran masyarakat tentang hak dan kewajiban dalam pemilu. Partisipasi masyarakat menjadi cerminan ada aksi dari mereka dalam menyikapi datangnya pemilu.

KPU Kabupaten Brebes sendiri selama penyelenggaraan Pemilu 2019 melakukan serangkaian sosialisasi mulai dari pembentukan badan ad hoc kepada PPK dan PPS se-Kabupaten Brebes (Maret 2018), Sosialisasi Rekruitmen Anggota KPU Kabupaten Brebes di Media Cetak (Juli 2018), Sosialisasi Tahapan Logistik di media cetak (September-Desember 2018), Sosialisasi Tahapan Pendaftaran dan Verifikasi Peserta Pemilu (April 2018), Sosialisasi Tahapan Pemutakhiran data Pemilih dan Penyusunan Daftara Pemilih  (Juli-Agustus 2018), Sosialisasi Tahapan Pencalonan Anggota DPR, DPRD Provinsi, DPRD Kabupaten Brebes hingga Sosialisasi Pencalonan Presiden dan Wakil Presiden.

Hingga sosialisasi yang langsung bersentuhan dengan pemilih seperti Sosialisasi Hari Pemungutan Suara, Pendidikan Pemilih Pemula melalui Kursus Kepemiluan (November-Desember 2018), Forum Warga Berbasis Keluarga (Oktober-Desember 2018), Gerakan Sadar Pemilu Pagelaran Seni Budaya Satu Tahun Menyongsong Pemilu 2019 'Pemilih Berdaulat Negara Kuat" (April 2018) Pendidikan Pemilih Disabilitas, Pemilih Pemula dan Perempuan (Oktober 2018-April 2019).

 

Pelaksanaan sosialisasi dan pendidikan pemilih pun oleh sebagian pihak diapresiasi dengan baik dan sebagian yang lain memberi catatan kritis. Penilaian berdasarkan analisa data dan informasi secara sistematis oleh pihak penyelenggara atau melibatkan stakeholders dalam pemilu. Penilaian dilakukan untuk mendapatkan perspektif atau referensi lain yang bisa menjadi netral, positif atau negatif atau merupakan gabungan dari keduanya. Mengetahui masalah yang muncul dalam proses pelaksanaan Sosialisasi dan Pendidikan Pemilih Memperoleh rekomendasi terhadap permasalahan yang terjadi dalam pelaksanaan Sosialisasi dan Pendidikan Pemilih  Penguatan desain kelembagaan dan penyeleggaraan Sosialisasi dan Pendidikan Pemilih sehingga muncul  permasalahan.

Beberapa masalah yang dihadapi pada sosialisasi dan pendidikan pemilih di Kabupaten Brebes pada Pemilu Serentak Tahun 2019 yaitu penyusunan jadwal karena volume kegiatan sosdiklih yang banyak dan bersamaan dengan agenda tahapan lainnya, keterbatasan jumlah SDM panitia/sekretariat  dalam penyusunan jadwal kegiata. Demikian  gambaran serba serbi  pemilu yang ada  ada di Kabupaten Brebes, semoga apa yang kita lakukan menjadi amal ibadah kita semua penyelenggara pemilu yang ada di Indonesia. Semoga ke depan partisipasi lebih baik lagi. Aamiin (*) 


Post Terkait

Statistik Pengunjung
Link KPU Daerah
KIP Aceh
http://kip.acehprov.go.id/
KPU Provinsi Sumatera Utara
http://kpud-sumutprov.go.id/
KPU Provinsi Sumatra Barat
http://sumbar.kpu.go.id
KPU Provinsi Riau
http://riau.kpu.go.id/
KPU Provinsi Sumatera Selatan
http://sumsel.kpu.go.id/
KPU Provinsi Lampung
http://lampung.kpu.go.id
KPU Provinsi Kep. Babel
http://kpu-babelprov.go.id/
KPU Provinsi Kepri
http://kepri.kpu.go.id/
KPU DKI Jakarta
http://kpujakarta.go.id
KPU Provinsi Jawa Barat
http://jabar.kpu.go.id/
KPU Provinsi Jawa Tengah
http://jateng.kpu.go.id/
KPU Provinsi Jawa Timur
http://kpujatim.go.id/
KPU Provinsi Banten
http://kpu-bantenprov.go.id/
KPU Provinsi Bali
http://bali.kpu.go.id/
KPU Provinsi NTB
http://kpud-ntbprov.go.id/
KPU Provinsi NTT
http://ntt.kpu.go.id/
KPU Provinsi Kalbar
http://kalbar.kpu.go.id
KPU Provinsi Kalteng
http://kpu-kaltengprov.go.id/
KPU Provinsi Kalsel
http://kalsel.kpu.go.id/
KPU Provinsi Kaltim
http://kaltim.kpu.go.id/
KPU Provinsi Sulawesi Tenggara
http://sultra.kpu.go.id/
KPU Provinsi Sulawesi Tengah
http://sulteng.kpu.go.id/
KPU Provinsi Sulawesi Selatan
http://sulsel.kpu.go.id/
KPU Provinsi Sulawesi Utara
http://www.kpu-sulutprov.go.id/
KPU Provinsi Gorontalo
http://gorontalo.kpu.go.id/
KPU Provinsi Sulawesi Barat
http://kpu-sulbarprov.go.id/
KPU Provinsi Maluku
http://kpu-malukuprov.go.id/
KPU Provinsi Maluku Utara
http://malut.kpu.go.id/
KPU DIY
http://diy.kpu.go.id/
KPU Provinsi Bengkulu
http://bengkulu.kpu.go.id
KPU Provinsi Jambi
http://kpud-jambiprov.go.id/
KPU Provinsi Papua Barat
http://kpu-papuabaratprov.go.id/
KPU Provinsi Papua
http://kpu-papuaprov.go.id/
KPU Provinsi Kalimantan Utara
http://kaltara.kpu.go.id/

Selengkapnya...