Kunjungi Unair, KPU Motivasi Mahasiswa TKP

Tanggal : 11 Nov 2017 13:05:00 • Penulis : admin • Dibaca : 311 x


Surabaya, kpu.go.id - Pegawai KPU yang mengikuti program Beasiswa Magister Konsentrasi Tata Kelola Pemilu (TKP) harus menghasilkan output yang berkualitas. Hal ini disampaikan oleh Kepala Biro Sumber Daya Manusia KPU RI, Lucky Firnandy Majanto kepada mahasiswa TKP Unair, Selasa, (21/11) di kampus FISIP Unair Surabaya. “Harus menghasilkan output yang berkualitas, mengingat biaya kuliah yang diberikan saat ini kepada mahasiswa TKP tinggi,” katanya. 

Menurutnya, program beasiswa TKP ini merupakan upaya untuk memperkuat kesekretariatan KPU. Ia berharap agar mahasiswa TKP belajar dengan tekun dan disiplin. “Berbahagialah teman-teman bisa mengikuti program ini, karena beda dengan yang lain, orang pilihan, belajarlah dengan tekun dan disiplin,” tuturnya.  

Ia menyampaikan bahwa gagasan pembentukan program magister TKP yang dilaksanakan oleh anggota KPU RI periode 2012-2017 merupakan salah satu upaya perubahan mendasar di bidang SDM. Bahkan, kurikulum TKP disusun oleh KPU RI dengan Universitas Airlangga dan KPU Australia. “Kami ingin mencontoh negara luar yang punya program-program bagus,” ucapnya. 

Adanya program ini merupakan upaya pengembangan karir pegawai KPU. “Jangan khawatir akan jabatan, jabatan akan mengikuti kita. Kami di pusat telah melakukan upaya pengembangan karir bagi pegawai di jajaran kesekretariatan,” ungkapnya.

Lucky menyampaikan bahwa telah ada persetujuan dari Menpan tentang jabatan fungsional tertentu di Setjen KPU. Sehingga jabatan karir di KPU tidak hanya di struktural tapi juga fungsional yang grading-nya terdiri dari fungsional penata kelola pemilu muda, pratama, madya dan utama.

Anggota KPU RI, Viryan setelah berbincang dengan Ramlan Surbakti di tempat lain, menyampaikan kepada mahasiswa bahwa kekuatan KPU ada pada pegawai kesekretariatan. “Kekuatan KPU ada di sekretariat ke depan, teknis kepemiluan ada di sekretariat,” katanya. Tidak banyak yang punya pengalaman dan keilmuan sekaligus. Program TKP membuat peserta punya keilmuan dan pengalaman,” terangnya. Penanggungjawab Divisi Hubungan Masyarakat, Data Informasi dan Hubungan antar Lembaga ini berharap setelah selesai TKP, pegawai dapat bekerja dan menyelesaikan persoalan yang ada di tempat kerja. 

Dian Tria Rahayu, mahasiswi TKP dari KPU Provinsi Jawa Timur mengaku termotivasi atas kunjungan KPU RI. “Termotivasi untuk segera menyelesaikan tugas belajar, dan memiliki kesiapan untuk bisa jadi problem solver bagi permasalahan pemilu khususnya di satuan kerja masing-masing,” ucapnya.

Mahasiswi lainnya, Fitria Wulandani mengaku senang atas kunjungan dari KPU RI. “Bagi saya yang tinggal jauh dari keluarga, kedatangan mereka sudah memberikan spirit dan motivasi baru agar lebih bersemangat dalam menempuh pendidikan,” akunya. Perempuan asal KPU Kota Banjarbaru ini berharap agar semakin banyak pegawai KPU yang mengikuti program Beasiswa Magister TKP. “Harapan saya semoga ke depan akan banyak lagi teman-teman sekretariat KPU yang bisa mengikuti program ini karena terkait penguatan kelembagaan kita sendiri dalam menghadapi tantangan-tantangan dalam proses penyelenggaran pemilu,” katanya.

Turut menyambut kedatangan tamu dari KPU RI yaitu Ramlan Surbakti dan Kris Nugroho. Keduanya merupakan tenaga pengajar pada program Magister Ilmu Politik Konsentrasi Tata Kelola Pemilu FISIP Unair. (Novembri Yusuf Simanjuntak)

Post Terkait

  • Wali dan Wawali (Pun) Dicoklit
    Tanggal : 2018-01-20 23:16:58

    Terkait tahapan pencocokan dan penelitian (coklit) data pemilih dalam rangka Pilkada Kota Kotamobagu, Walikota dan Wakil Walikota tak luput dari pantauan KPU Kota Kotamobagu ...Selengkapnya...


  • Wahyu Setiawan Jadi Pembina Apel PPDP di Banyumas
    Tanggal : 2018-01-20 15:53:00

    Apel diikuti oleh seluruh anggota Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Purwokerto Timur, anggota Panitia Pemungutan Suara se Purwokerto Timur serta anggota PPDP se Purwokerto Timur yang berjumlah 105 orang. ...Selengkapnya...


  • Tari Maggiri Warnai Peluncuran GCS 2018
    Tanggal : 2018-01-20 15:49:00

    Kegiatan ini dihadiri oleh Bupati Pangkep H.Syamsuddin A.Hamid , Ketua DPRD Kabupaten Pangkep H .Andi ilham Zainuddin, jajaran Pemda Kabupaten Pangkep , Ka Polres Pangkep dalam hal ini diwakili Kabag OPS serta Keluarga besar KPU Kabupaten Pangkep. ...Selengkapnya...


  • KPU Sumsel Tinjau Apel Kesiapan PPDP ke KPU Ogan Ilir
    Tanggal : 2018-01-20 15:19:00

    Hari pelaksanaan Gerakan Pencocokan dan Penelitian (Coklit) Serentak - GCS di Komisi Pemilihan Umum (KPU) Ogan Ilir diawali dengan Apel Kesiapan PPDP yang dihadiri dan dipimpin langsung oleh Komisioner KPU Sumatera Selatan (Sumsel) Ahmad Nafi ...Selengkapnya...


  • PPDP Semangat Mencoklit
    Tanggal : 2018-01-20 14:53:00

    Total PPDP yang memulai coklit hari ini sebanyak 242 berasal dari 33 desa/kelurahan dengan 242 tempat pemungutan suara (TPS). Mereka akan mencoklit di hari pertama ini masing-masing minimal sebanyak lima rumah. ...Selengkapnya...


Statistik Pengunjung
Link KPU Daerah
KIP Aceh
http://kip.acehprov.go.id/
KPU Provinsi Sumatera Utara
http://kpud-sumutprov.go.id/
KPU Provinsi Sumatra Barat
http://sumbar.kpu.go.id
KPU Provinsi Riau
http://kpu-riauprov.go.id/
KPU Provinsi Sumatera Selatan
http://sumsel.kpu.go.id/
KPU Provinsi Lampung
http://lampung.kpu.go.id
KPU Provinsi Kep. Babel
http://kpu-babelprov.go.id/
KPU Provinsi Kepri
http://kepri.kpu.go.id/
KPU DKI Jakarta
http://kpujakarta.go.id
KPU Provinsi Jawa Barat
http://jabar.kpu.go.id/
KPU Provinsi Jawa Tengah
http://jateng.kpu.go.id/
KPU Provinsi Jawa Timur
http://kpujatim.go.id/
KPU Provinsi Banten
http://kpu-bantenprov.go.id/
KPU Provinsi Bali
http://bali.kpu.go.id/
KPU Provinsi NTB
http://kpud-ntbprov.go.id/
KPU Provinsi NTT
http://ntt.kpu.go.id/
KPU Provinsi Kalbar
http://kalbar.kpu.go.id
KPU Provinsi Kalteng
http://kpu-kaltengprov.go.id/
KPU Provinsi Kalsel
http://kalsel.kpu.go.id/
KPU Provinsi Kaltim
http://kaltim.kpu.go.id/
KPU Provinsi Sulawesi Tenggara
http://sultra.kpu.go.id/
KPU Provinsi Sulawesi Tengah
http://sulteng.kpu.go.id/
KPU Provinsi Sulawesi Selatan
http://sulsel.kpu.go.id/
KPU Provinsi Sulawesi Utara
http://www.kpu-sulutprov.go.id/
KPU Provinsi Gorontalo
http://kpu-gorontaloprov.go.id//
KPU Provinsi Sulawesi Barat
http://kpu-sulbarprov.go.id/
KPU Provinsi Maluku
http://kpu-malukuprov.go.id/
KPU Provinsi Maluku Utara
http://malut.kpu.go.id/
KPU DIY
http://diy.kpu.go.id/
KPU Provinsi Bengkulu
http://www.kpu-bengkuluprov.go.id
KPU Provinsi Jambi
http://kpud-jambiprov.go.id/
KPU Provinsi Papua Barat
http://kpu-papuabaratprov.go.id/
KPU Provinsi Papua
http://kpu-papuaprov.go.id/
KPU Provinsi Kalimantan Utara
http://kaltara.kpu.go.id/

Selengkapnya...